Kamis 28 Mar 2024 22:43 WIB

Digitalisasi Amal Usaha Genjot Pertumbuhan Ekonomi Pesantren

Poliban dukung digitalisasi produk koperasi pondok pesantren.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kegiatan ekonomi di pesantren.
Foto: Antara/Adiwinata Solihin
Ilustrasi kegiatan ekonomi di pesantren.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan mendukung digitalisasi produk koperasi yang dikelola pondok pesantren berbasis website.

Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi menyampaikan keseriusan kampusnya mendukung digitalisasi produk koperasi Ponpes tersebut dengan menjalin kerjasama bersama Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Program Kalsel. 

Baca Juga

"Kita tuangkan kerja sama ini dalam penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU)," ujarnya di Banjarmasin, Kamis (28/3/2024).

Menurut dia, kerja sama juga dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara Dewan Pimpinan Wilayah IPI Kalsel dengan Jurusan Teknik Elektro Poliban dan Program Studi Teknik Informatika Poliban. 

"Penandatanganan PKS ini disaksikan langsung Kepala Dinas Koperasi dan UMK Provinsi Kalsel Gusti Yanuar Noor Rifai," ujar Joni Riadi.

Joni Riadi memastikan kampusnya akan memberikan dukungan penuh terkait pembuatan website atau aplikasi untuk produk-produk koperasi Ponpes dan usaha kecil menengah (UKM) di bawah naungan Pemprov Kalsel. 

"Anak-anak kami akan siap berkontribusi ke Dinas Koperasi dan Pesantren-Pesantren di Kalsel untuk mendukung beberapa aplikasi atau hal-hal terkait digitalisasi ini," ujarnya.

Dia berharap, kerjasama yang telah dilakukan bisa membawa banyak manfaat bagi semua pihak yang terlibat.

"Insya Allah, di dalam kerja sama ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Dan kita saling bekerja sama untuk menciptakan SDM yang unggul dan siap bertahan dalam setiap perkembangan zaman," kata Joni Riadi. 

Sekretaris DWP IPI Kalsel Edi Setyo Utomo mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya pada Poliban atas terjalinnya kerja sama tersebut.

Keberadaan Poliban selain sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi juga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar.

"Dengan adanya MoU dan dilanjutkan dengan PKS, ini merupakan support Poliban untuk pesantren dengan membuat website dan media sosial untuk produk-produk koperasi pondok pesantren," tuturnya.

Dengan demikian, Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Pesantren Indonesia Kalsel siap bersinergi dengan Poliban untuk membantu mengenalkan produk-produk UKM Pesantren yang ada di provinsi ini. 

"Kami dari pesantren insya Allah siap bekerja sama dengan Poliban untuk kemaslahatan umat," demikian katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement