Bagaimana Hukum Doa Qunut pada Pertengahan Ramadhan?

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 29 Mar 2024 05:54 WIB

Doa qunut (ilustrasi). Foto: dok. Kemenag.go.id Doa qunut (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pada saat bulan Ramadhan para umat Muslim melaksanakan shalat malam, yaitu shalat witir sebagai bagian dari shalat tarawih. Biasanya, imam membacakan doa qunut saat shalat witir. Bagaimana hukum membacakan doa qunut saat shalat witir?

Pertengahan Ramadhan merupakan sesuatu yang istimewa, umat Muslim dapat mengamalkan ibadah dengan membaca doa qunut pada saat shalat witir. Karena hal tersebut tidak dibacakan pada malam awal – awal Ramadhan. Terdapat dalil yang menjelaskan hal ini, sebagaimana tertulis pada hadits riwayat Abu Dawud yang berbunyi,

Baca Juga

أن عمر بن الخطاب جمع الناس على أبي بن كعب فكان يصلي لهم عشرين ليلة ولا يقنت الا في النصف الباقى من رمضان. رواه أبو داود

Artinya, "Sesungguhnya Umar bin Khattab berinisiatif mengumpulkan masyarakat agar shalat tarawih bersama (dengan imam) Ubay Ibn Ka'b, maka beliau shalat tarawih bersama mereka selama 20 malam, dan beliau tidak berdoa qunut kecuali dalam separuh yang kedua (malam 16 Ramadhan hingga seterusnya)."

Dikutip dari kitab Ma’rifatus Sunan wal Atsar bahwa Imam Syafi’I juga berpendapat dengan mengatakan, bahwa pada saat separuh terahir bulan Ramadhan umat muslom membaca doa qunut.

قال الشافعي: ويقنتون في الوتر في النصف الآخر من رمضان، وكذلك كان يفعل ابن عمر، ومعاذ القاري

Artinya : "Mereka berqunut di dalam shalat Witir pada pertengahan akhir bulan Ramadan, seperti itulah yang dilakukan oleh Ibnu 'Umar dan Mu'adz al-Qari."

Menurut Imam Nawawi juga menganjurkan untuk membaca doa qunut pada pertengahan bulan Ramadhan.

ويستحب القنوت عندنا في النصف الأخير من شهر رمضان في الركعة الأخيرة من الوتر، ولنا وجه: أن يقنت فيها في جميع شهر رمضان، ووجه ثالث: في جميع السنة، وهو مذهبُ أبي حنيفة، والمعروف من مذهبنا هو الأوّل

Artinya: "Menurut kami, disunnahkan Qunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadhan. Ada juga dari kalangan kami (Syafiiyyah) yang berpendapat, disunnahkan Qunut di sepanjang Ramadhan. Kemudian ada pula yang berpendapat bahwa disunnahkan Qunut di seluruh shalat sunnah. Ini menurut madzhab Abu Hanifah. Namun, yang baik menurut madzhab kami adalah model yang pertama, yaitu Qunut pada separuh akhir Ramadhan." 

Terpopuler