Jumat 29 Mar 2024 12:57 WIB

BPKH dan Baznas Gelar Pesantren Kilat di Atas KRI Semarang-594

Menurut KSAL, Ekspresi bertujuan mengenalkan anak-anak muda tentang pentingnya agama.

Rep: Muhyiddin Yamin/ Red: Erik Purnama Putra
KSAL Laksamana Muhammad Ali melepas para siswa/i mengikuti kegiatan Ekspresi di Semarang-594.
Foto: Dispenal
KSAL Laksamana Muhammad Ali melepas para siswa/i mengikuti kegiatan Ekspresi di Semarang-594.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan TNI AL menggelar Pesantren Kilat Ramadhan 1445 H di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Semarang-594. Dalam kegiatan ini, BPKH mengajak anak muda untuk mendaftar haji sejak dini.

Pesantren kilat yang diikuti siswa-siswi SMA/sederajat tersebut bertajuk 'Ekspedisi Ramadan Penuh Inspirasi' (Ekspresi). Upacara pembukaan Ekspresi dilaksanakan di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (28/3/2024), dengan inspektur upacara Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali.

Baca: Yuk Ikut Mudik Gratis ke Semarang dan Surabaya Naik Kapal TNI AL

Hadir dalam upacara tersebut Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah dan Ketua Baznas RI Prof KH Noor Achmad. Fadlul Imansyah dalam sambutannya, menekankan, pentingnya menyiapkan generasi muda yang bisa mengarungi kehidupan dengan tangguh. Salah satu langkah penting yang dapat dilakukan adalah dengan menabung haji sejak muda.

"Kegiatan ini membangun kesadaran pelajar untuk menyegerakan daftar haji sejak muda, sebab masa tunggu pemberangkatan haji yaitu 20 hingga 30 tahun. Jadi dibutuhkan fisik kuat saat berangkat haji. Jika dipersiapkan sejak muda maka fisik masih kuat ketika berangkat haji," ujar Fadlul kepada Republika.co.id, Jumat (29/3/2024).

Baca: Kemenhan Beli Dua Kapal Perang dari Italia Senilai Rp 20 Triliun

Fadlul berharap, kegiatan Ekspresi dapat membangkitkan semangat religiositas para peserta, terutama keinginan untuk menjadi calon haji muda. "Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya anak-anak turut registrasi dan menjadi calon haji di usia muda, dapat meningkatkan mentalitas dan jiwa kebangsaan, serta keislaman dan ketaatan pada bangsa, negara, dan agama," ucap Fadlul.

Ketua Baznas RI KH Noor Achmad menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI AL dan BPKH atas dukungan terhadap program Ekspresi Baznas tahun 2024. "Ekspresi ini kami harapkan dapat mengenalkan zakat kepada pelajar sehingga di masa depan dapat menjadi muzaki baru yang bersama-sama menyejahterakan umat," ujar Kiai Noor.

Sementara itu, KSAL Laksamana Muhammad Ali menyampaikan, Ekspresi merupakan program terobosan yang diinisiasi BPKH, Baznas bersama TNI AL di bulan suci Ramadhan. "Program ini sudah dilakukan tahun lalu yang kemudian kembali dilanjutkan tahun ini. Program ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak muda tentang pentingnya ilmu agama," kata Ali.

Baca: Bertemu KSAL, Dubes Turki Undang TNI AL Hadiri The Turkish Navy 2025

Selain melaksanakan kegiatan keagamaan, menurut Ali, para peserta dikenalkan dengan kehidupan di atas kapal perang yang mengitari Pulau Untung Jawa, Kabupaten Seribu. Kegiatan Ekspresi Ramadhan 2024 berlangsung pada 28-30 Maret 2024, yang diikuti 500 peserta terdiri 310 laki-laki dan 190 perempuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement