Mau Tukar Uang di BSI? Ini Dia Persyaratannya

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Jumat 29 Mar 2024 19:01 WIB

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) siap memfasilitasi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat, yang diproyeksikan meningkat jelang akhir tahun. Foto: BSI PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) siap memfasilitasi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat, yang diproyeksikan meningkat jelang akhir tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Raya Idul Fitri 1445 H kian dekat, kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai biasanya mengalami peningkatan. Guna memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat, Bank Syariah Indonesia (BSI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp 45 triliun selama periode Ramadan hingga Lebaran 2024. 

Pada pekan lalu, Direktur Manajemen Risiko PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Grandhis Helmi Harumansyah mengatakan, nilai tersebut meningkat 20 persen dari realisasi dan perputaran uang tunai ditahun sebelumnya yang sebesar Rp 37 triliun. Ia juga memastikan seluruh kantor cabang BSI pun telah melayani penukaran uang sejak awal Ramadhan.

"Kami harapkan masyarakat melakukan penukaran ini dengan normal, kami pastikan uangnya ada, cukup untuk penukaran pecahan kecil. Mohon juga tidak melakukan penukaran secara berlebih," kata Gandhis.

Berdasarkan informasi dari akun instagram @lifewithwithbsi, penukaran uang pada bulan Ramadhan dari tanggal 18 Maret - 5 April 2024. Namun, sebelum melalukan penukaran dipastikan untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan mendatangi kantor cabang BSI pembuka rekening atau BSI terdekat mengenai ketersediaannya.

Untuk nasabah BSI dapat langsung membawa buku tabungan, kartu ATM dan KTP asli. Sementara untuk non nasabah dapat membawa KTP asli dan NPWP (jika ada).

"Kami informasikan untuk layanan operasional Kantor Cabang Bank Syariah Indonesia untuk Bulan Ramadhan pada hari Senin - Jumat pukul 07:30 - 15.00 waktu setempat," tulis akun @lifewithbsi kepada Republika.

Setelah persyaratan dokumen lengkap dapat langsung ajukan permohonan penukaran uang baru sesuai dengan kebutuhan. Perlu diingat, setiap transaksi penukaran uang adalah 100 lembar per nominal uangnya. Untuk informasi yangv lebih lengkap tentang batas maksimal penukaran uang dapat langsung mengonfirmasi langsung dengan petugas di Kantor Cabang BSI terdekat.

Terpopuler