Baznas Kota Tangerang Sediakan Layanan Bayar Zakat di Sekolah

Red: Ani Nursalikah

Jumat 29 Mar 2024 20:09 WIB

Ketua Baznas Kota Tangerang M. Aslie Elhusyairy saat acara di Puspemkot Tangerang. Foto: ANTARA/Irfan Ketua Baznas Kota Tangerang M. Aslie Elhusyairy saat acara di Puspemkot Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang mengungkapkan keberadaan layanan pembayaran zakat di sekolah untuk memudahkan peserta didik dalam menunaikan zakat fitrah.

"Kami melihat potensi zakat melalui lingkungan pendidikan ini sangat besar, maka dari itu kita terus optimalkan melalui kerja sama yang telah berjalan selama ini," kata Ketua Baznas Kota Tangerang M. Aslie Elhusyairy di Tangerang, Jumat (29/3/2024).

Baca Juga

Oleh karena itu, Baznas bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Dindik) terkait menyediakan akses pembayaran zakat di sekolah. Perlu diketahui berdasarkan Surat Keputusan (SK) Baznas No. 10 tahun 2024 tentang zakat fitrah dan fidyah untuk kawasan Jabodetabek ditetapkan sebanyak 2,5 kilogram atau 3,5 liter atau senilai Rp 45 ribu per orang.

Baznas Kota Tangerang menargetkan penerimaan zakat fitrah pada tahun 2024 sebesar Rp 8 miliar, meningkat dari tahun sebelumnya.

"Kita juga sediakan akses pembayaran zakat di tempat ibadah, rekening resmi, super apps Tangerang LIVE sampai gerai layanan zakat yang tersebar di seluruh kecamatan dan berbagai ruang publik di Kota Tangerang," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin menuturkan pihaknya telah mengimbau kepada sekolah, pegawai, tenaga pendidik, dan peserta didik untuk memanfaatkan layanan zakat terpercaya melalui Baznas Kota Tangerang.

“Kami secara rutin telah menjalin kolaborasi ini dari tahun ke tahun. Alhamdulillah, setiap tahun jumlah zakat yang dikumpulkan dari lingkungan pendidikan, terutama sekolah terus meningkat,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Dindik Kota Tangerang juga menilai, pendapatan zakat dari sektor pendidikan bernilai cukup besar. Oleh karena itu,  bersama seluruh elemen pendidikan terkait dapat berkontribusi dalam penyaluran bantuan kepada komunitas masyarakat yang membutuhkan melalui zakat yang terkumpul di Baznas Kota Tangerang.

“Tentunya, lewat program pembayaran zakat melalui Baznas Kota Tangerang, kita dapat terus berkontribusi membantu menyejahterakan saudara-saudara kita yang kurang mampu, khususnya yang berada di Kota Tangerang,” katanya.

Terpopuler