Jelang 10 Hari Terakhir Ramadhan, Apa Saja yang Perlu Dibawa Saat Itikaf?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Sabtu 30 Mar 2024 03:58 WIB

Umat Islam membaca Alquran (tadarus) saat itikaf pada 10 malam terakhir Ramadhan. barang yang perlu disiapkan agar Muslim bisa menjalankan itikaf secara optimal. Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Umat Islam membaca Alquran (tadarus) saat itikaf pada 10 malam terakhir Ramadhan. barang yang perlu disiapkan agar Muslim bisa menjalankan itikaf secara optimal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Niat melakukan itikaf pada 10 hari terakhir Ramadhan perlu dibarengi dengan persiapan yang memadai. Selain menyiapkan kondisi tubuh yang sehat dan bugar, Muslim juga perlu membawa barang-barang yang dibutuhkan selama melakukan ibadah berdiam di masjid tersebut.

Apalagi, jika seseorang memilih itikaf selama waktu yang relatif lama, seperti setelah Sholat Tarawih hingga waktu sahur dan Sholat Subuh. Berikut sejumlah barang yang perlu dipersiapkan dan dibawa supaya Muslim bisa menjalankan itikaf secara optimal:

Baca Juga

1. Peralatan sholat

Banyak masjid menyediakan peralatan sholat seperti mukena, sarung, dan sajadah. Namun akan lebih baik jika setiap Muslim yang menjalankan itikaf membawa sendiri peralatan sholat pribadi dari rumah untuk berjaga-jaga jika peralatan sholat di masjid dipakai jamaah lain.