Ahad 31 Mar 2024 14:45 WIB

Pertamina Ajak UMKM Cari Cuan di Momen Ramadhan

Pertamina berkomitmen memperkuat daya saing dan memberi manfaat nyata bagi UMKM.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
PT Pertamina (Persero) mengikutsertakan UMKM binaannya di berbagai pameran Ramadhan. (ilustrasi)
Foto: Republika/Dedy Darmawan
PT Pertamina (Persero) mengikutsertakan UMKM binaannya di berbagai pameran Ramadhan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, sekaligus  menjadi momen kebangkitan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas akses pasar. Tak mau ketinggalan, PT Pertamina (Persero) mengikutsertakan UMKM binaannya di berbagai pameran Ramadhan. 

Pertamina menggandeng UMKM untuk tiga gelaran bazar Ramadan yakni di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan kantor Pertamina pada pekan lalu.

Baca Juga

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyatakan, bazar di momen spesial ini menjadi salah satu wujud Pertamina untuk mengenalkan produk UMKM dan memperluas pasar. Pertamina terus berkomitmen untuk memperkuat daya saing dan memberi manfaat nyata bagi para pelaku UMKM. 

“Kami mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan bekerjasama dengan UMKM di seluruh Indonesia. Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap UMKM lebih terpacu untuk memberikan kualitas produk terbaik bagi konsumennya,” ujar Fadjar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (31/3/2024).

Pada Bazar Sobat di Kementerian ESDM, Sekretaris Jenderal KESDM, Dadan Kusdiana mengatakan delapan UMKM Pertamina bersemangat mengenalkan beragam produk seperti, Bagore, Batino's Pastry, Alika Batik, Prabu by Yangke, Sambal Nyonya, Arcisu by Monalisa Collection, Riya Butik, serta Shokha. 

Kegiatan yang berlangsung pada 26-28 Maret 2024 marak didatangi oleh pengunjung. “Kami berharap, bazar ini bisa menjadi sarana untuk mendorong produk UMKM agar dapat bersaing secara global sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi,” ujar Dadan.

Selain di KESDM, UMKM Pertamina juga menggelar pameran di gedung Grha Pertamina. Aneka produk kuliner, fashion, dan perlengkapan ibadah dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idulfitri, yang tentu saja pameran ini menjadi salah satu upaya untuk mendongkrak penjualan.

Salah satu UMKM asal Indramayu, Bagore dengan produk bawang goreng kemasan, mengaku sejak diikutsertakan pameran oleh Pertamina, ia mendapat banyak pelanggan baru. Banyak konsumen yang repeat order dengan membeli secara online, baik melalui marketplace maupun whatsApp.

“Bawang goreng yang kami produksi berasal dari bahan baku bawang jenis sumenep dengan kualitas baik, dan diolah dengan banyak varian rasa, seperti original, terasi, cumi asin, jeruk purut, rebon, dan teri, selama ini kami menjual secara online namun sejak sering diajak Pertamina pameran, pelanggan kami bertambah banyak dan pemasaran semakin luas,” kata Sunadi pemilik Bagore.

Selain pameran offline, Pertamina juga menyediakan akses belanja praktis melalui smexpo.pertamina.com. Melalui market place ini, masyarakat lebih mudah untuk menjelajah produk UMKM, serta tersedia paket khusus Lebaran.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement