Senin 01 Apr 2024 11:33 WIB

AI Berikan Kesempatan Bagi Semua Orang untuk Berkarya

Tahun ini, tren AI lebih berkembang dari sekadar teks seperti tahun lalu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Kecerdasan buatan (ilustrasi).
Foto: dok UBSI
Kecerdasan buatan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CEO & Co-Founder dari Kata.Ai Irzan Raditya melihat kecerdasan buatan (AI) memberikan kesempatan bagi semua orang untuk berkarya. Jawaban itu dia utarakan saat ditanya “Apa yang bisa generasi muda harapkan atas perkembangan AI di awal hingga akhir tahun ini?”

“Kalau saya lihat di sini  AI itu memberikan kesempatan bagi semua orang untuk berkarya juga. Jadi kalau misalkan kita bisa menguasai, bisa ngulik ada software apa saja di luar sana, tools apa saja yang menggunakan AI, itu menguntungkannya sangat luas. Mau kita katakan untuk riset, kita untuk mau jadi content creator selama kita bisa jeli, tahu apa yang tools memudahkan kita, itu akan sangat membantu sih di sana,” kata Irzan usai acara Live Podcast Ramadhan bertajuk “Youth Dystopia: Future with or without AI” di Jakarta, pekan kemarin.

Baca Juga

Irzan juga membicarakan tentang seperti tren AI bagi generasi muda di tahun ini. Dia  melihat mungkin setahun lalu trennya adalah AI untuk membuat teks, contohnya ChatGPT. 

“Tapi ini tahun ini kita bisa lihat bahwa AI ini untuk bisa memproduksi macam-macam. Bisa bikin video, bisa bikin suara tapi di sini semakin banyak tools yang akan membantu teman-teman untuk berkaryalah, saya lihat sih,” kata dia.