Polisi Imbau Masyarakat Cek Kendaraan Sebelum Mudik

Red: Qommarria Rostanti

Rabu 03 Apr 2024 11:54 WIB

Ban mobil (ilustrasi). Polisi mengimbau masyarakat memeriksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024. Foto: www.freepik.com Ban mobil (ilustrasi). Polisi mengimbau masyarakat memeriksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG PANDAN -- Kepolisian Resor Belitung, Polda Bangka Belitung, mengimbau masyarakat di daerah itu memeriksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024. Hal ini disampaikan seusai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Menumbing 2024. 

"Kami imbau kepada masyarakat agar memeriksa kondisi kendaraan sebelum melaksanakan perjalanan mudik ke luar kota," kata Wakapolres Belitung, Kompol Yudha Wicaksono di Tanjung Pandan, Rabu (43/4/2024).

Baca Juga

Menurut dia, kondisi kendaraan yang layak dalam perjalanan mudik akan menciptakan keselamatan perjalanan menuju kota atau daerah tujuan. Selain itu, para pemudik diminta untuk tetap mematuhi aturan berlalu lintas dan angkutan jalan dalam perjalanan mudik Lebaran 2024.

Disampaikan dia, pemudik harus menjaga kondisi fisik atau tubuh agar tetap prima sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024. "Apalagi bagi para pemudik yang membawa kendaraan bermotor sendiri sehingga butuh fisik yang prima karena saat ini masih menjalankan ibadah puasa," ujarnya.

Wakapolres Belitung juga mengimbau agar masyarakat meninggalkan rumah dalam keadaan terkunci saat melakukan mudik Lebaran 2024. "Tentunya pintu rumah harus dalam keadaan terkunci dan jangan lupa mematikan listrik dan kompor," katanya.

"Untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024 Polres Belitung mengerahkan sebanyak 120 personel," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mendirikan posko pengamanan dan pelayanan guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024 seperti di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin, Pelabuhan Tanjung Pandan, Bundaran Satam, dan sejumlah destinasi wisata di daerah itu. "Wilayah-wilayah ini harus mendapatkan prioritas pengamanan utama karena di sini adalah merupakan jalur keluar masuknya barang dan penumpang untuk ke Belitung maupun ke luar Belitung," ujarnya.

Terpopuler