Kamis 04 Apr 2024 03:41 WIB

Sejumlah Wilayah Jakarta Banjir pada Rabu Malam, Ketinggian Air di Cilandak Timur Sampai 1

Delapan ruas jalan dan 13 rukun tetangga (RT) yang terdampak banjir.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Yudha Manggala P Putra
Banjir. Ilustrasi
Foto: ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Banjir. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan terjadinya banjir di sejumlah wilayah DKI Jakarta pada Rabu (3/4/2024). Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta hingga Rabu pukul 20.00 WIB, delapan ruas jalan dan 13 rukun tetangga (RT) yang terdampak banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Isnaw Adji mengatakan, hujan yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya menyebabkan kenaikan status pos pantau pada Rabu malam. Adapun status pos pantau yang mengalami kenaikan antara lain Pos Pantau Pesanggrahan menjadi Siaga 3 (Waspada), Pos Pantau Sunter Hulu menjadi Siaga 2 (Siaga), Pos Pantau Sunter Hulu naik menjadi Siaga 1 (BAHAYA), dan Pos Pantau Angke Hulu menjadi Siaga 3 (Waspada).

"BPBD mencatat genangan mengalami kenaikan dari tujuh ruas jalan menjadi delapan ruas jalan dan 13 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Isnawa melalui keterangan tertulis, Rabu malam.

Wilayah RT yang terdampak banjir itu tersebar di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Di Jakarta Barat, terdapat dua RT di Kelurahan Sukabumi Selatan yang terdampak banjir dengan ketinggian 80 cm.