Jangan Meleset, Ini Batas Terakhir Bayar Zakat Fitrah 2024 dan Penjelasan Ulama 

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah

Jumat 05 Apr 2024 17:51 WIB

Seorang muzaki menyetorkan beras zakat fitrah ke loket Lazismu Jawa Barat (ilustrasi). Zakat fitrah hukumnya wajib bagi Muslim yang memiliki kelebihan bahan makan Foto:

1

Jika kita membayarkan zakat fitrah ini langsung kepada yang berhak, tidak ada kejadian luar biasa seperti bencana atau wabah, maka dalam Mazhab Syafi'i, waktu afdhalnya adalah sejak matahari terbit di ufuk timur di hari raya Idul Fitri. Sebelum berangkat untuk melaksanakan sholat Ied.

Sebagaimana pernyataan dari Imam an-Nawawi: "Telah sepakat dari apa yang menjadi nash dari Imam Syafi'i dan para ulama Syafi'iyyah bahwa yang utama untuk membayarkan zakat fitrah adalah di hari raya Idul Fitri sebelum keluar untuk sholat Ied.

Meski demikian, jika dikeluarkan dua hari sebelumnya dalam rangka mempermudah pendistribusian juga bagus. Sebagaimana dalam hadits berikut ini:

كَانُوا يُعْطُونَ صَدَقَةَ الْفِطْرِ قَبْلِ الْعِيدِ بِيَوْمَ أَوْ يَوْمَيْنِ. (رواه البخاري) "Mereka menunaikan zakat fitrah sehari atau dua hari sebelum Idul Fitri.