REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pos Indonesia (Persero) berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Di era digital ini, Pos Indonesia yang melakukan berbagai jenis transaksi melahirkan poduk digital berupa aplikasi bernama Pospay, termasuk saat lebaran 2024 ini.
Kemudahan bertransaksi aplikasi Pospay ini sudah dirasakan oleh masyarakat. Salah satunya, pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri.
Indra mengajak agar para pemudik menggunakan layanan Pospay. Sebab dengan menggunakan aplikasi Pospay, masyarakat bisa bertransaksi membayar tiket kereta api dan pesawat untuk mudik dengan aman dan mudah.
"Saatnya mudik bersama keluarga. Mau mudik aman dan mudah? Pakai Pospay. Bayar tiket kereta, tiket pesawat, semua bisa lewat Pospay," ujar Indra melalui siaran pers yang diterima redaksi Republika.co.id, Ahad (7/4) di Jakarta.
Aplikasi Pospay diluncurkan pada 2021. Selama tiga tahun, aplikasi tersebut mengalami perkembangan pesat dan semakin banyak dikenal masyarakat.
Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R Djoemadi menjelaskan kedua platform tersebut menjadi parameter transformasi digital Pos.
"Salah satu parameter transformasi Pos Indonesia dapat dilihat pada lini bisnis jasa keuangan yaitu melalui aplikasi Pospay. Kami mencoba meniru model super apps, seluruh jasa baik itu milik Pos sendiri maupun milik partner dapat digunakan di satu mobile apps, Pospay. Fitur courir service on boarding di Pospay," kata Faizal.
Dikukuhkan sebagai sebuah super apps, Pospay mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat akan layanan jasa keuangan yang cepat dan aman. Pospay menyediakan layanan pembayaran terpadu untuk melakukan pembayaran tagihan, angsuran, top up, dan lainnya.
"Soal keamanan, kami menggunakan security yang pada umumnya digunakan oleh mobile apps lainnya. Security yang kita gunakan ada yang dibuat sendiri, ada yang berpartner dengan pihak ketiga global partner yang sudah teruji. Kemudian kita rutin melakukan penetration test oleh Pos sendiri, kita sudah ada CFH (certificate ethical hacker), kita coba dobrak sistem keamanan kita untuk mencari tahu apakah ada celah atau tidak. Kemudian penetration test berikutnya dilakukan oleh pihak ketiga, dilakukan dua kali setahun. Kemudian oleh pihak Android dan iOS juga dites," kata Faizal mengenai keamanan Pospay.
Meski telah dilakukan pengamanan berlapis pada aplikasi Pospay, Faizal mengingatkan masyarakat untuk tetap mewaspadai kejahatan siber untuk membobol akun perbankan.
"Sekarang marak disebut sebagai social enginering berupa penipuan, menyamar sebagai file apk, pdf. Itu tidak ada hubungannya dengan sistem Pos. Inilah tugas yang paling berat bagi Pos, kami terus melakukan edukasi, mengingatkan pelanggan agar hati-hati," ucap Faizal.
Kecanggihan teknologi yang ditawarkan serta memberikan kemudahan layanan transaksi keuangan yang membuat aplikasi Pospay ini terus berkembang dan diminati masyarakat. Salah satu layanan transaksi keuangan yang dapat dilakukan melalui aplikasi ini adalah melakukan transfer uang, baik kepada sesama pengguna Pospay maupun ke seluruh perbankan di Indonesia.
Seperti aplikasi digital lainnya, Pospay juga menyediakan berbagai layanan kemudahan, mulai dari tambah saldo, telekomunikasi, pembayaran air dan listrik, zakat fitrah, hingga pembelian tiket kereta atau pesawat. (*)