Selasa 16 Apr 2024 11:29 WIB

Harga Bawang Merah di Pasar Cigasong Majalengka Naik

Untuk bawang merah Sumenep, harganya kini Rp 60 ribu per kilogram

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Harga Bawang merah naik
Foto: Republika/Thoudy Badai
Harga Bawang merah naik

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA---Sejumlah komoditas di Pasar Sindangkasih, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, mengalami kenaikan harga pascalebaran. Meski dalam waktu bersamaan, adapula sejumlah komoditas yang mengalami penurunan harga.

Pengelola Pasar Sindangkasih, Supriadi, mengatakan, kenaikan harga itu di antaranya terjadi pada bawang merah. Dia menyebutkan, berdasarkan hasil pemantauan rutin, kenaikan harga terjadi pada bawang merah Sumenep maupun  bawang merah biasa. ‘’Sama-sama naik Rp 10 ribu,’’ ujar Supriadi, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga

Supriadi menjelaskan, untuk bawang merah Sumenep, harganya kini Rp 60 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya, harganya Rp 50 per kilogram. Besaran harga itu juga sama dengan bawang merah biasa. Saat ini, harga bawang merah dipatok Rp 60 ribu per kilogram, dari sebelumnya hanya Rp 50 ribu per kilogram.

Selain itu, kenaikan harga juga terjadi pada kol, yakni dari Rp 10 ribu per kilogram menjadi Rp 12 ribu per kilogram. Kenaikan harga Rp 2.000 per kilogram itu juga terjadi pada bawang daun, dari Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 32 ribu per kilogram. ‘’Komoditas lain yang harganya juga naik Rp 2.000 per kilogram adalah ikan mas, dari Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 32 ribu per kilogram,’’ kata Supriadi.

Sementara itu, ditengah kenaikan harga sejumlah komoditas tersebut, adapula beberapa komoditas yang justru turun harga pascalebaran. Di antaranya pada komoditas cabai merah beauty, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daging ayam kampung dan daging sapi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement