Rabu 17 Apr 2024 17:16 WIB

BPBD Banjarnegara Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem, Waspada Bencana Longsor

Sebagian besar wilayah Banjarnegara disebut rawan longsor dan pergerakan tanah.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.
Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mengingatkan masyarakat akan potensi terjadinya kondisi cuaca ekstrem. Terlebih di daerah yang rawan bencana longsor dan pergerakan tanah.

“Berdasarkan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi hingga Kamis (18/4/2024) di sejumlah wilayah Jateng, salah satunya Banjarnegara,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo, Rabu (17/4/2024).

Baca Juga

Menurut Andri, sebagian besar wilayah Kabupaten Banjarnegara termasuk daerah rawan bencana longsor dan pergerakan tanah. Karenanya, warga diimbau selalu waspada akan potensi bencana, terlebih ketika turun hujan lebat. “Semoga tetap aman dan terkendali, meskipun masih ada potensi cuaca ekstrem,” ujar dia.

Longsor momen Lebaran

Andri mengatakan, dalam satu pekan terakhir belum ada laporan kejadian bencana alam di Kabupaten Banjarnegara. Terakhir kali dilaporkan terjadi pada momen Lebaran lalu, pada Rabu (10/4/2024), yaitu bencana longsor di wilayah Dusun Jebug, Desa Punggelan, Kecamatan Punggelan. Longsoran menimbun dua rumah warga dan dua rumah lainnya mengalami kerusakan berat, sehingga tidak bisa dihuni.

Menurut Andri, longsor juga terjadi di daerah tersebut pada Rabu (3/4/2024), yang mengakibatkan dua rumah rusak berat akibat tertimbun material longsor. Sementara satu rumah rusak sedang. Akibat kejadian itu, kata dia, enam kepala keluarga (KK) yang terdiri atas 17 jiwa mesti mengungsi sementara.

Andri mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara bersama Pemerintah Desa Punggelan hingga kini masih berupaya menyiapkan lahan untuk pembangunan hunian sementara (huntara) bagi warga terdampak bencana itu.

“Saat ini masih melakukan survei lahan untuk pembangunan huntara. Sementara bagi warga yang rumahnya terancam pergerakan tanah di Dusun Jebug RT 02/RW 10 diimbau untuk tetap waspada, terutama ketika turun hujan,” kata Andri.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ نِكَاحًا حَتّٰى يُغْنِيَهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗوَالَّذِيْنَ يَبْتَغُوْنَ الْكِتٰبَ مِمَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ فَكَاتِبُوْهُمْ اِنْ عَلِمْتُمْ فِيْهِمْ خَيْرًا وَّاٰتُوْهُمْ مِّنْ مَّالِ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اٰتٰىكُمْ ۗوَلَا تُكْرِهُوْا فَتَيٰتِكُمْ عَلَى الْبِغَاۤءِ اِنْ اَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِّتَبْتَغُوْا عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَمَنْ يُّكْرِهْهُّنَّ فَاِنَّ اللّٰهَ مِنْۢ بَعْدِ اِكْرَاهِهِنَّ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan jika hamba sahaya yang kamu miliki menginginkan perjanjian (kebebasan), hendaklah kamu buat perjanjian kepada mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barangsiapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.

(QS. An-Nur ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement