Rabu 17 Apr 2024 18:08 WIB

Dinkes Surabaya Temukan 61 Kasus Flu Singapura

Masyarakat yang mengalami gejala flu Singapura diimbau segera ke faskes.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agus raharjo
Bayi berusia satu tahun yang menderita hand, foot and mouth disease (HFMD) alias flu singapura dirawat di rumah sakit. (Ilustrasi)
Foto: EPA/LUONG THAI LINH
Bayi berusia satu tahun yang menderita hand, foot and mouth disease (HFMD) alias flu singapura dirawat di rumah sakit. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina mengungkapkan adanya 61 kasus penyakit tangan, kaki, dan mulut (HFMD) atau flu Singapura yang terdeteksi para periode Januari hingga 16 April 2024. Nanik mengatakan, 61 kasus flu Singapura itu teridentifikasi melalui wawancara medis pasien dan hasil pemeriksaan fisik dari gejala atau keluhan.

"Januari hingga 16 April 2024 yang dilaporkan oleh Fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) pada aplikasi Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) menunjukkan terdapat 61 kasus," kata Nanik, Rabu (17/4/2024).

Baca Juga

Puluhan pasien yang teridentifikasi terjangkit flu Singapura tersebut, kata Nanik, langsung mendapatkan perawatan medis. "Dari kasus tersebut, (pasien) telah dilakukan tata laksana layanan sesuai standar dan rawat jalan oleh dokter yang menangani," ujarnya. 

Nanik pun mengimbau masyarakat yang mengalami gejala flu Singapura, terutama mereka yang baru saja melakukan perjalanan mudik, untuk segera melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan yang tersedia. Menurutnya, pemeriksaan sangat penting untuk mengantisipasi penyebaran flu Singapura, terutama setelah arus mudik.

"Kepada warga segera datang ke Fasyankes terdekat apabila mengalami gejala, agar segera mendapat penanganan secepatnya," ujarnya.

Sedangkan, lanjut dia, sejumlah gejala yang biasa dialami oleh orang yang sudah terjangkit flu Singapura yakni, demam, sakit tenggorokan, nyeri perut, batuk, dan kehilangan selera makan. Kemudian ruam di telapak tangan, telapak kaki, dan kadang di pantat.

"Tidak gatal, ruam tampak merah, putih, abu-abu, atau terlihat sebagai benjolan kecil. Kemudian sariawan, terasa nyeri di lidah, gusi, dan bagian dalam pipi," ucapnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ اِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ اَنَّكَ تَقُوْمُ اَدْنٰى مِنْ ثُلُثَيِ الَّيْلِ وَنِصْفَهٗ وَثُلُثَهٗ وَطَاۤىِٕفَةٌ مِّنَ الَّذِيْنَ مَعَكَۗ وَاللّٰهُ يُقَدِّرُ الَّيْلَ وَالنَّهَارَۗ عَلِمَ اَنْ لَّنْ تُحْصُوْهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ فَاقْرَءُوْا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْاٰنِۗ عَلِمَ اَنْ سَيَكُوْنُ مِنْكُمْ مَّرْضٰىۙ وَاٰخَرُوْنَ يَضْرِبُوْنَ فِى الْاَرْضِ يَبْتَغُوْنَ مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ ۙوَاٰخَرُوْنَ يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۖفَاقْرَءُوْا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُۙ وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَاَقْرِضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًاۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ ۙهُوَ خَيْرًا وَّاَعْظَمَ اَجْرًاۗ وَاسْتَغْفِرُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ࣖ
Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwa engkau (Muhammad) berdiri (salat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersamamu. Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menentukan batas-batas waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an; Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit, dan yang lain berjalan di bumi mencari sebagian karunia Allah; dan yang lain berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Muzzammil ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement