Kamis 18 Apr 2024 11:09 WIB

Arsenal Kalah Oleh Munchen, Klub Asal Austria Ini Lolos ke Piala Dunia Antarklub 2025

Arsenal harus jadi juara Liga Champions baru boleh ikut.

Red: Gilang Akbar Prambadi
RB Salzburg.
Foto: AP Photo/Armando Franca
RB Salzburg.

REPUBLIKA.CO.ID, SALZBURG -- Klub Austria, FC Salzburg, menjadi tim Eropa ke-12 dalam Piala Dunia Klub 2025 setelah Arsenal kalah dari Bayern Muenchen pada babak perempat final Liga Champions.

"FC Salzburg menjadi tim Eropa ke-12 dan terakhir yang lolos Piala Dunia Klub. Kekalahan Arsenal di tangan Bayern Muenchen dalam perempat final Liga Champions mengartikan tim Bundesliga Austria itu memastikan tempat dalam turnamen global itu melalui jalur peringkat," tulis FIFA dalam lamannya pada Kamis (18/4/2024). 

Baca Juga

Arsenal yang harus menjadi juara Liga Champions musim ini terpaksa absen, sebaliknya Salzburg menyusul 11 wakil Eropa yang lebih dulu menyegel satu tiket menuju turnamen yang diadakan di Amerika Serikat tersebut.

Kompetisi dengan format baru 32 tim tersebut akan  bertanding satu sama lain selama Juni dan Juli 2025. Mereka adalah klub-klub dari enam konfederasi.

11 wakil Eropa yang sudah lebih dulu mendapatkan tiket ini adalah juara Liga Champions tiga musim terakhir, yaitu Manchester City, Real Madrid dan Chelsea.

Lalu Bayern Muenchen, Paris Saint-Germain, Inter Milan, Porto, Benfica, Borussia Dortmund, Juventus dan  Atletico Madrid.

Semuanya mengisi delapan slot tim lewat jalur penghitungan poin berdasarkan penampilan Liga Champions dalam empat musim terakhir, termasuk musim ini.

Mengingat Real Madrid, Bayern Muenchen, Borussia Dortmund dan Paris Saint-Germain yang kini berada dalam semifinal Liga Champions musim ini akan mengisi satu slot juara untuk berkiprah dalam Piala Dunia Klub 2025, maka  Salzburg diuntungkan karena  lolos berdasarkan penghitungan poin.

"Sebagai juara edisi Liga Champions saat ini, yang diakhiri dengan final di London pada 1 Juni, dipastikan akan menjadi salah satu tim yang tercantum di atas, maka tim peringkat terbaik berikutnya yang memenuhi syarat dalam jalur kualifikasi adalah  FC Salbzurg setelah Arsenal gugur," tulis FIFA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement