Kamis 18 Apr 2024 11:36 WIB

Arsenal Hanya Kurang Pengalaman

Arsenal tak mampu mengatasi Munchen.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Arsenal tampak kecewa saat dikalahkan Munchen.
Foto: AP Photo/Christian Bruna
Arsenal tampak kecewa saat dikalahkan Munchen.

REPUBLIKA.CO.ID, MUNCHEN -- Langkah Arsenal di pentas Liga Champions musim ini terhenti di babak delapan besar. The Gunners disingkirkan Bayern Munchen.

Pada leg pertama di London, skor berkesudahan imbang 2-2. Teranyar, skuad polesan Mikel Arteta terkapar saat melakoni leg kedua di Munich. Martin Odegaard dan rekan-rekan takluk 0-1 dari FC Bayern di Allianz Arena, Kamis (18/4/2024) dini hari WIB.

Baca Juga

Alhasil, Arsenal kalah agregat 2-3. Tiket semifinal gagal digenggam. Armada gudang peluru penuh rasa kecewa.

Pundit sepak bola, Owen Hargreaves turut menjadi analis pertandingan ini. Ia memuji kualitas para pemain muda the Gunners. Nyaris saja anak asuh Arteta membuat langkah maju yang signifikan di Eropa.

"Namun pada akhirnya pengalaman memainkan peran besar. Bukan sesuatu yang memalukan kalah dari Bayern," kata Hargreaves, dikutip dari laman resmi UEFA.

Mantan gelandang Munchen dan Manchester United itu berbicara apa adanya. Arsenal sudah cukup lama absen di kompetisi terelite benua biru. Lalu ketika mentas di perempatfinal, the Gunners harus berhadapan dengan salah satu raksasa yang selalu berada di unggulan teratas.

Kai Havertz dkk memberikan perlawanan sengit di dua pertandingan. Namun Die Roten menunjukkan kelasnya. Anak asuh Thomas Tuchel bisa mengendalikan semua tekanan dengan lebih tenang.

Arteta mengakui ruang ganti mereka penuh kekecewaan. Ia sulit menemukan kata-kata untuk mengungkapkannya. Begitulah situasi yang terjadi saat ini.

"Kami mencoba melawan tim yang memiliki banyak pengalaman. Sepanjang pertandingan, gapnya sangat kecil," ujar juru taktik berkebangsaan Spanyol ini.

Gawang Arsenal kebobolan di menit ke-63. Tandukan Joshua Kimmich merobek jala David Raya. Setelahnya, kubu tamu berusaha keras untuk mengejar ketertinggalan.

Sampai duel usai tak ada perubahan di papan skor. Munchen tetap unggul 1-0. FC Bayern bakal menghadapi Real Madrid di semifinal.

"Kami mencoba berbagai cara, namun sulit. Sekarang waktunya untuk tetap dekat dengan para pemain dan mendukung mereka, karena merekalah yang membawa kami dalam perjalanan ini," ujar Arteta.

Lepaskan ketegangan di Eropa. Selanjutnya Arsenal menghadapi Wolverhampton Wanderers dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Duel tersebut berlangsung di markas Wolves, Molineux Stadium, pada akhir pekan ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement