Kamis 18 Apr 2024 16:52 WIB

Siapa Bilang Israel tak Terkalahkan? Perang Lebanon Membuktikan Sebaliknya 

Israel pernah dipukul mundur pada Perang Lebanon

Red: Nashih Nashrullah
Hizbullah, sayap militer Lebanon yang berhasil mengusir Israel dari pada 2006 silam.
Foto: Reuters
Hizbullah, sayap militer Lebanon yang berhasil mengusir Israel dari pada 2006 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Ada rumor jika militer zionis Israel tak pernah terkalahkan. Benarkah demikian? Rumor ini tentulah tidak benar. 

 

Baca Juga

Sebagai buktinya, hanya dalam waktu dua hari 23-24 Mei tahun 2000, penarikan diri ribuan tentaranya bersama 7.000 personel Tentara Lebanon Selatan (SLA) yang selama ini menjadi sekutunya, rampung.

Dengan demikian, berakhir sudah 22 tahun pendudukan di kawasan selatan Lebanon seluas 70x30km yang disebut Israel sebagai ''zona keamanan'' (security zone). 

Sebagaimana diketahui, Israel memasuki kawasan ini pada 1978 sebagai jawaban terhadap perang saudara di Lebanon yang mulai berkecamuk pada 1975 dan untuk menandingi Suriah yang telah lebih dulu masuk ke sana (1976). 

Masuknya Suriah ke sana, dengan persetujuan Liga Arab (melalui Tha'if Accord), bermaksud meredakan perang saudara antara golongan Kristen Maronit dan golongan Islam/gerilyawan Palestina. Sekitar 30 ribu personel tentara Suriah masih berada di Lembah Bekaa sampai sekarang.

Inilah pertama kalinya Israel dikalahkan secara militer sejak negara itu berdiri pada 1948. Selama ini militer Israel dicitrakan sebagai kekuatan militer tak terkalahkan di Timur Tengah. Klaim ini sukar dibantah.

Toh, Israel berulang kali mengalahkan kekuatan gabungan negara-negara Arab dalam berbagai perang. Malah, ia pernah menaklukkan gabungan kekuatan Mesir, Yordania, Irak dan Suriah, hanya dalam waktu enam hari (Perang 1967), di mana Mesir kehilangan Gurun Sinai, Yordania kehilangan Tepi Barat, dan Suriah harus merelakan Dataran Tinggi Golan.

Yang menarik, Israel justru takluk di tangan Hizbullah atau Partai Allah, golongan radikal Syiah Lebanon yang kurang diperhitungkan negara Arab. Hanya Suriah dan Iran yang membekingnya.

Setelah kalah dalam konflik militer di Lebanon menyusul invasi Israel ke negeri itu untuk mengusir gerilyawan Palestina (1982), Damaskus merasa perlu mendukung kelompok-kelompok bersenjata anti-Israel di Lebanon untuk mengganggu musuh bebuyutannya itu. Sedangkan bantuan Iran pada Hizbullah bukan sekadar mengusir Israel daria kawasan Syiah  itu, tapi sekaligus diniatkan untuk mendirikan negara Islam model Iran di sana.

Siapa Hizbullah?

Hizbullah dibentuk dengan sponsor Iran segera setelah invasi Israel ke Lebanon. Tujuannya, sebagaimana dinyatakan dalam surat terbuka pada 1985, di antaranya, jihad melawan Israel dan pembentukan negara Islam. Mereka menolak Persetujuan Tha'if (Thaif Accord) yang, di antaranya, menyetujui kesejajaran umat Kristen dan Islam dalam pemerintahan Lebanon. 

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Pakta Nasional Lebanon pada 1943 yang disponsori Prancis, Presiden Lebanon harus selalu berasal dari pihak Kristen Maronit, Perdana Menteri berasal dari kelompok Islam Sunni, dan Ketua Parlemen dari kelompok Syiah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement