Kamis 18 Apr 2024 23:50 WIB

Produksi Padi di Kudus Tahun Ini Ditargetkan 162.977 Ton GKG

Luas area tanam padi di Kudus pada 2024 ditargetkan mencapai 28.083 hektare.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Gabah hasil panen.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
(ILUSTRASI) Gabah hasil panen.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS — Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menargetkan produksi padi pada 2024 ini bisa mencapai 162.977 ton gabah kering giling (GKG). Adapun luas area tanam padi ditargetkan 28.083 hektare.

“Luas lahan sawah yang ada di Kabupaten Kudus sebanyak 12.480 hektare, yang tersebar di sembilan kecamatan,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Agus Setiawan, Kamis (18/4/2024).

Baca Juga

Hingga Maret 2024, menurut Agus, luas area tanam padi mencapai 2.514 hektare. Namun, kata dia, ada tanaman padi yang puso akibat banjir. Luas lahan tanaman padi yang puso akibat banjir pada Februari lalu dilaporkan kurang lebih 212 hektare.

Meski demikian, Agus mengatakan, petani yang tanaman padinya puso itu diusulkan mendapatkan bantuan benih, sehingga bisa kembali tanam. Selain itu, untuk optimalisasi lahan dan penanaman, kata dia, pemerintah daerah siap memfasilitasi alat dan mesin pertanian.

Ihwal ketersediaan pupuk bersubsidi, menurut Agus, alokasi yang diterima sejauh ini realisasinya belum sesuai Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK). Sebagaimana RDKK 2024, untuk pupuk bersubsidi urea sebanyak 10.937,7 ton, sedangkan realisasinya baru 52,79 persen. 

Kemudian untuk pupuk NPK Phonska dalam RDKK sebanyak 17.162,04 ton, sedangkan realisasinya baru 29,38 persen. Adapun NPK Formula sesuai RDKK sebanyak 9.743 ton, realisasinya baru 13,9 persen.

“Petani tidak perlu khawatir karena di pasaran juga terdapat pupuk nonsubsidi yang bisa dibeli untuk memenuhi kekurangan alokasi pupuk subsidi yang ada,” ujar Agus.

 

Advertisement
Berita Terkait
Yuk Ngaji Hari Ini
وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِى الْاَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْۖ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِيْنَهُمُ الَّذِى ارْتَضٰى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ خَوْفِهِمْ اَمْنًاۗ يَعْبُدُوْنَنِيْ لَا يُشْرِكُوْنَ بِيْ شَيْـًٔاۗ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ
Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan yang mengerjakan kebajikan, bahwa Dia sungguh, akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh, Dia akan meneguhkan bagi mereka dengan agama yang telah Dia ridai. Dan Dia benar-benar mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka (tetap) menyembah-Ku dengan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu apa pun. Tetapi barangsiapa (tetap) kafir setelah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.

(QS. An-Nur ayat 55)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement