Jumat 19 Apr 2024 12:12 WIB

Lubang Hitam Bintang Terbesar Hingga Saat Ini Ditemukan di Galaksi Kita

Peneliti memperkirakan mengapa tidak ada lubang hitam bermassa menengah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lubang hitam diukur berdasarkan massa bukan ukuran. Ini karena begitu padatnya lubang hitam.

Dilansir Digital Trends, Jumat (19/4/2024), lubang hitam umumnya memiliki dua ukuran, yaitu besar dan sangat besar. Para astronom menyebut kedua kelompok lubang hitam bermassa bintang (yang setara dengan massa matahari) dan lubang hitam supermasif.

Pertanyaan yang sedang berlangsung dalam penelitian astronomi adalah mengapa hampir tidak ada lubang hitam bermassa menengah. Lubang hitam bermassa bintang paling masif yang diketahui di galaksi kita cenderung berukuran hingga 20 kali massa matahari. Namun baru-baru ini, para astronom telah menemukan lubang hitam bermassa bintang yang jauh lebih besar dan beratnya 33 kali massa matahari.

Penemuan baru ini bukan hanya merupakan lubang hitam paling masif yang pernah ditemukan di galaksi kita hingga saat ini, tetapi juga secara mengejutkan letaknya sangat dekat dengan kita. Terletak hanya 2.000 tahun cahaya jauhnya, ini adalah salah satu lubang hitam terdekat dengan Bumi.