Ahad 21 Apr 2024 11:01 WIB

Rasa Optimisme Verstappen Membuncah Jelang F1 Seri GP China Siang Ini

Verstappen makin percaya diri dengam situasi terkini.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Red Bull driver Max Verstappen of the Netherlands celebrates his win during the Japanese Formula One Grand Prix at the Suzuka Circuit in Suzuka, central Japan, Sunday, April 7, 2024.
Foto: AP Photo/Hiro Komae
Red Bull driver Max Verstappen of the Netherlands celebrates his win during the Japanese Formula One Grand Prix at the Suzuka Circuit in Suzuka, central Japan, Sunday, April 7, 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Pembalap Red Bull Max Verstappen optimistis bisa mengubah posisi pole yang ia raih menjadi kemenangan pada balapan utama Grand Prix China yang digelar di Sirkuit Internasional Shanghai, Ahad (21/4/2024).

Rasa percaya diri itu ia dapatkan setelah mengklaim pole ke-100 untuk tim Red Bull sekaligus menandai pole kelima yang ia rebut secara berturut-turut pada Formula 1 musim 2024.

Baca Juga

“Sebelum saya masuk ke dalam mobil (Ketua Tim Red Bull Christian) Horner mengatakan kepada saya jika saya mendapatkan pole hari ini, itu bisa menjadi pole ke-100 untuk tim, jadi saya berpikir, 'Oke, itu bagus, saya akan mencobanya'. Dan tentu saja, itu adalah pencapaian yang luar biasa bagi seluruh tim,” kata Verstappen, dikutip dari AFP.

Lebih lanjut, ini juga merupakan posisi pole ke-37 sepanjang karier balap sang juara dunia tiga kali di ajang balap Formula 1.

Meski mendominasi jalannya balapan pada sesi Sprint dan kualifikasi, sang juara bertahan mengakui sempat mengalami sedikit kesulitan, terutama pada hari pertama rangkaian GP China.

Namun, keinginannya untuk membukukan kemenangan grand prix pekan ini menjadi pemantik motivasi baginya.

Pada akhirnya, Verstappen pun unggul 0,322 detik dari rekan satu timnya, Sergio Perez, dengan pembalap Aston Martin Fernando Alonso berada di urutan ketiga pada edisi pertama GP China setelah hiatus selama empat tahun lamanya.

Verstappen mencatatkan lap tercepat 1 menit 33,660 detik untuk mencatatkan tonggak sejarah tim dan pole pertamanya di Sirkuit Internasional Shanghai.

Selain itu, Verstappen juga memenangkan Sprint dengan total 19 lap dengan selisih 13 detik dari Lewis Hamilton (Mercedes).

“Mobil bekerja lebih baik lagi di kualifikasi. Lap terakhir itu terasa cukup baik dan sangat menyenangkan untuk dikendarai di sini dalam kondisi kering, sangat menyenangkan,” kata Verstappen.

“Jika nanti mobilnya mampu menunjukkan setidaknya setengah dari kualitas saat sprint, kita akan baik-baik saja,” ujarnya menambahkan.

Balapan utama GP China akan digelar pada hari ini pukul 14.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement