Selasa 23 Apr 2024 14:51 WIB

Ribuan Produk UKM Beberapa Daerah Diekspor ke Kanada Hasil Kolaborasi LPEI dan Diaspora

Ekspor perdana ini kelanjutan dari pengiriman sampel dan pameran Toronto Gift Show

Red: Arie Lukihardianti
Pelepasan bersama secara simbolik ekspor produk UMKM ke Kanada di Bandung, Selasa (22/4/2024).
Foto: Dok Republika
Pelepasan bersama secara simbolik ekspor produk UMKM ke Kanada di Bandung, Selasa (22/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Sebanyak 19 mitra binaan UKM dari Bali, Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta menjadi eksportir baru Indonesia dengan mengekspor lebih dari 3.300 produk handicraft dan kriya. Pelepasan bersama secara simbolik berlangsung di Bandung, Selasa (22/4).

Ekspor tersebut, dilakukan atas kolaborasi antar institusi Pemerintah melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank sebagai Lembaga Keuangan Pemerintah Indonesia dengan Atase Perdagangan (Atdag) Ottawa, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver, Diaspora Indonesia di Kanada dan Maharani Craft (Alumni CPNE – Binaan LPEI) sebagai agregator kegiatan. Sehingga, berhasil mengantarkan mitra binaan UKM LPEI menembus pasar ekspor untuk pertama kalinya ke Kanada.

Baca Juga

Ekspor perdana ini merupakan kelanjutan dari pengiriman sampel dan pameran Toronto Gift Show 2024 pada Januari 2024, dimana Diaspora Indonesia, Hartati Suganda, pemilik Cantiq Living, bertindak sebagai pembeli dan memasarkan produk ramah lingkungan dan home decor buatan Indonesia di pasar Kanada.

Menurut Direktur Pelaksana Pengembangan Bisnis LPEI, Maqin U Norhadi, LPEI tidak hanya menciptakan UKM ekspor baru. Tetapi juga, memberikan solusi untuk mengurangi hambatan biaya logistik UKM dan mendorong ekspor berkelanjutan dengan membangun ekosistem ekspor. Kolaborasi LPEI dengan ekosistem ekspor diharapkan dapat meningkatkan ekspor mitra binaan LPEI secara berkelanjutan serta memberikan harga produk Indonesia yang lebih kompetitif.