Selasa 23 Apr 2024 17:16 WIB

Boga Group Buka Lowongan Kerja Usia di Atas 60, Ini Manfaat Kerja untuk Lansia

Bagi banyak orang, bekerja lebih lama mempunyai manfaat kesehatan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Lansia masih bekerja (ilustrasi). Penelitian mengenai pengaruh bekerja terhadap kesehatan hasilnya beragam, namun cenderung positif.
Foto: www.freepik.com
Lansia masih bekerja (ilustrasi). Penelitian mengenai pengaruh bekerja terhadap kesehatan hasilnya beragam, namun cenderung positif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Lowongan kerja yang dibuka Boga Group menyedot perhatian publik. Pasalnya lowongan tersebut ditujukan bagi orang berusia 60 tahun ke atas. Posisi yang ditawarkan yaitu sebagai server

Lowongan yang diunggah di akun Instagram Boga Group itu memantik kontroversi karena ada yang menganggap bahwa lansia tak mampu lagi bekerja. Benarkah demikian?

Baca Juga

Sejak awal 1990-an, semakin banyak pekerja lanjut usia yang menunda masa pensiun karena berbagai alasan. Salah satunya adalah terlalu banyak orang yang mencapai usia pensiun dengan sedikit atau tanpa tabungan.

Dilansir Fortune, pada 2022, 32 persen dari kelompok usia 65 hingga 69 tahun memiliki pekerjaan, naik sekitar seperempat dibanding tahun 2000. Pada dua dekade lalu, hampir 10 persen dari kelompok usia 55 tahun telah pensiun, sementara saat ini hanya sekitar 5 persen.