Kamis 22 Feb 2024 14:34 WIB

Lampaui Target, Penjualan SBR012 oleh BRI Capai Rp 2,1 Triliun  

Fitur e-SBN di BRImo dapat menjawab kebutuhan nasabah dalam bertransaksi.

BRImo memudahkan pengguna untuk berinvestasi di obligasi. (ilustrasi)
Foto: Dok. BRImo
BRImo memudahkan pengguna untuk berinvestasi di obligasi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjualan Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR012 yang ditawarkan melalui PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI melampaui target. SBR012 yang mulai ditawarkan sejak 19 Januari 2024 hingga 9 Februari 2023 ini menyentuh angka Rp 2,1 triliun.

Berdasarkan data nilai pemesanan, SBR012 mampu memecahkan rekor baru penerbitan SBN Ritel yang bersifat tidak bisa diperdagangkan (non-tradable) dijual secara online tertinggi sepanjang sejarah. Dengan demikian, SBR012 berhasil menggeser posisi SBR011 sebagai SBN Ritel non-tradable dengan nilai penjualan tertinggi yang senilai Rp 13,91 triliun pada tahun 2022.

Diketahui, penjualan produk SBR012 ini menjadi salah satu strategi pemerintah yang cukup efektif dengan menerbitkan dalam 2 tenor, yakni tenor 2 tahun atau SBR012-T2 dan tenor 4 tahun atau SBR012-T4. Dengan begitu, para investor mempunyai pilihan investasi sesuai kebutuhan dan tenor yang diinginkan.

Imbal hasil atau kupon SBR012-T2 yang memiliki tenor 2 tahun ialah 6,15% per tahun dan SBR012-T4 yang bertenor 4 tahun menawarkan kupon 6,35% per tahun, yang merupakan kupon minimal. Sebab imbal hasil SBR012 bersifat mengambang dengan batas minimal (floating with floor).

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan strategi ini dapat meningkatkan pengembangan pasar SBN domestik melalui penjualan produk SBR012. “BRI tahun ini dalam melaksanakan penawaran SBR012 berhasil memperoleh penjualan mencapai Rp 2,1 triliun dan jika dibandingkan dengan penjualan SBR011, peningkatan penjualan bertumbuh hingga mencapai 40 persen,” ujarnya.

Transaksi SBR012 di BRI dilakukan melalui dua cara, yaitu website SBN online dan juga BRImo. Ia menjelaskan lebih lanjut, fitur e-SBN di BRImo dapat menjawab kebutuhan nasabah dalam bertransaksi di era serba digital. Kemudahan tersebut dapat dilihat dari penjualan SBR012 melalui BRImo sebesar 42,82% dari total transaksi.

Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan menjadi wujud serta bukti nyata bahwa BRI terus berkomitmen untuk tumbuh dan memberikan layanan terbaik kepada para nasabahnya.  

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement