Rabu 24 Apr 2024 18:30 WIB

Negeri Bob Marley Akui Kedaulatan Palestina

Jamaika bergabung dengan 141 negara anggota PBB yang mengakui kedaulatan Palestina.

Red: Fitriyan Zamzami
Aksi bela Palestina di Kingston, Jamaika, pada November 2023 lalu.
Foto: X
Aksi bela Palestina di Kingston, Jamaika, pada November 2023 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, KINGSTON – Pemerintah Jamaika menambah daftar negara yang mengakui kedaulatan Negara Palestina. Keputusan ini diambil  di tengah kekhawatiran atas perang Israel di Gaza dan krisis kemanusiaan yang semakin mendalam di wilayah Palestina.

Jamaika bergabung dengan 141 negara anggota PBB yang mengakui kedaulatan Palestina. “Jamaika terus mengadvokasi solusi dua negara sebagai satu-satunya pilihan yang layak untuk menyelesaikan konflik yang sudah berlangsung lama, menjamin keamanan Israel dan menjunjung tinggi martabat dan hak-hak warga Palestina,” Kamina Johnson Smith, Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Luar Negeri Jamaika, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Selasa dilansir Anadolu Agency.

Baca Juga

“Dengan mengakui Negara Palestina, Jamaika memperkuat advokasinya menuju solusi damai.” Smith mengaitkan keputusan negara asal penyanyi reggae legendaris Bob Marley itu dengan keprihatinan mendalam negara tersebut terhadap perang Israel di Gaza dan meningkatnya krisis kemanusiaan.

Daripada menggunakan tindakan militer, katanya, pemerintah lebih mengutamakan pendekatan diplomatik untuk mencapai resolusi damai terhadap konflik Israel-Palestina.