Rabu 24 Apr 2024 22:55 WIB

Banyak Artis Terjerat Narkoba, Pakar: Lebih ke Tren

Berita terkait artis yang terjerat kasus narkoba tidak ada habisnya.

Rep: Ali Mansur/ Red: Muhammad Hafil
Anggota kepolisian menata barang bukti saat rilis pengungkapan tindak pidana nerkoba jenis sabu dan ekstasi di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/4/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Anggota kepolisian menata barang bukti saat rilis pengungkapan tindak pidana nerkoba jenis sabu dan ekstasi di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Berita terkait artis yang terjerat kasus narkoba tidak ada habisnya. Meski sudah banyak artis yang hancur karier akibat barang haram tersebut, tapi saban tahun pasti ada yang berurusan dengan dengan pihak berwajib karena penyalahgunaan narkoba. Pakar Komunikasi Sosial dari Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (UHAMKA) Said Ramadhan menilai penyalahgunaan narkoba seolah-olah menjadi tren di dunia hiburan. 

“Sebenarnya narkoba di kalangan selebritas atau pabrik figure ini soalnya lebih kecenderungan tren, ya, tren dan pergaulan sosial mereka,” ujar Said Ramadhan saat dihubungi, Rabu (24/4/2024).

Baca Juga

Said menilai dalih bahwa mereka mengkonsumsi narkoba karena tuntutan pekerjaan atau untuk menghilangkan stres tidak dibenarkan. Karena juga banyak bidang-bidang pekerjaan yang jauh lebih berat dibanding menjadi seorang artis, tapi mereka tidak terlibat penyalahgunaan narkoba. Namun memang bahayanya narkoba juga dapat menimpa siapa saja. Termasuk masyarakat biasa. Hanya saja velue pemberitaan artis terjerat lebih menarik perhatian dibanding orang biasa.

“Sebagai pabrik figur mereka tentu dikenal masyarakat sehingga banyak diekspos oleh media sehingga ketika mereka kena kasus banyak yang memberitakan. Ini berbeda dengan orang awam orang yang biasa ya banyak yang ditangkap karena narkoba cuman tidak diberitakan,” terang Said.