Kamis 25 Apr 2024 10:42 WIB

Gerakan Push-Up Bisa Kencangkan Otot, Berapa Kali Ideal Dilakukan Agar Hasil Maksimal?

Gerakan push-up dapat dilakukan secara praktis di mana saja tanpa peralatan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang pria sedang melakukan gerakan push up (ilustrasi).
Foto: Dok. Freepik
Seorang pria sedang melakukan gerakan push up (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Push-up menjadi salah gerakan pokok yang dapat membantu memperkuat dan mengencangkan otot-otot tubuh bagian atas, termasuk dada, bahu, dan trisep. Push-up menawarkan banyak manfaat lebih dari sekadar membangun kekuatan otot. 

Dilansir laman Eat This, Not That pada Kamis (25/4/2024), manfaat ini termasuk peningkatan kekuatan inti dan kebugaran kardiovaskular. Push-up juga dapat dilakukan secara praktis di mana saja tanpa peralatan apa pun, menjadikannya pilihan tepat bagi kebanyakan orang yang ingin meningkatkan kebugaran mereka. 

Baca Juga

Lalu, seberapa sering kita harus melakukan push-up? Personal trainer bersertifikat di Garage Gym Reviews, Mike Masi, mengatakan usahakan untuk memasukkan push-up ke dalam rutinitas Anda tiga kali sepekan. 

“Pendekatan ini memungkinkan pemulihan dan pertumbuhan otot di antara sesi. Jika Anda melakukannya lebih sering, usahakan untuk mengurangi volume setiap sesi, atau cobalah untuk tidak terlalu dekat dengan kegagalan pada setiap set,” ujar Masi.