Kamis 25 Apr 2024 11:01 WIB

2.965 Calon Jamaah Haji Kabupaten Bandung Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

Keberangkatan calon jamaah haji Bandung Barat dibagi menjadi tujuh gelombang.

Red: Ani Nursalikah
Jamaah Calon Haji dari Kelompok Terbang (Kloter) 3 asal Kabupaten Bandung sedang melakukan proses pemeriksaan pasport di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi di Kota Bekasi.
Foto: Republika/Febryan.A
Jamaah Calon Haji dari Kelompok Terbang (Kloter) 3 asal Kabupaten Bandung sedang melakukan proses pemeriksaan pasport di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi di Kota Bekasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BANDUNG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, Jawa Barat memberangkatkan 2.965 calon haji ke Tanah Suci, Makkah pada Mei-Juni 2024. Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan keberangkatan calon jamaah haji tersebut dibagi menjadi tujuh gelombang.

“Ada sebanyak 2.965 calon haji asal Kabupaten Bandung yang akan berangkat melaksanakan ibadah haji tahun 2024 dan 14 petugas pembimbing para calon haji asal Kabupaten Bandung,” katanya, Rabu (24/4/2024).

Baca Juga

Pemerintah Kabupaten Bandung mempersiapkan bus untuk mengantar keberangkatan mereka dari daerah setempat ke embarkasi dan saat kepulangan mereka. “Setiap tahun disiapkan bus untuk mengantar keberangkatan calon jamaah haji maupun kepulangan jamaah haji,” kata dia.

Dirinya berharap, calon jamaah haji asal daerah itu dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar serta sehat saat kembali ke tanah air. Dia mengingatkan para calon haji untuk menjaga kesehatan tubuh selama manasik haji hingga pelaksanaan ibadah di Tanah Suci.

"Karena dengan diundangnya calon jamaah haji asal Kabupaten Bandung oleh Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci, Makkah, Arab Saudi, saya meyakini insya Allah Kabupaten Bandung akan semakin aman, tenteram, subur, dan makmur,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung Cece Hidayat menyebutkan pada musim haji 2024, jumlah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci mencapai 2.965 orang. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu yang 2.679 orang.

Ia mengatakan keberangkatan kloter pertama pada 15 Mei 2024 dengan terbagi pemberangkatan melalui Bandara Kertajati, Majalengka, dan Soekarno-Hatta, Tangerang. Ia mengimbau calon haji melakukan vaksinasi meningitis sebelum menunaikan ibadah ke Tanah Suci guna kelancaran ibadah sekaligus sebagai upaya pencegahan penyakit.

“Maka kita anjurkan menggunakan vaksin untuk menjaga kesehatan masing-masing karena akan bertemu jutaan orang dari seluruh penjuru dunia,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement