Kamis 25 Apr 2024 17:53 WIB

Penderita Stroke Disarankan Makan Kacang-kacangan dan Hindari Santan

Kacang-kacangan memiliki antioksidan yang tinggi yang bagus untuk pasien stroke.

Red: Qommarria Rostanti
Kacang almond. Pasien stroke disarankan memakan kacang-kacangan karena mengandung antioksidan yang tinggi.
Foto: Flickr
Kacang almond. Pasien stroke disarankan memakan kacang-kacangan karena mengandung antioksidan yang tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis neurologi dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) dr Mahar Mardjono, Jakarta, Beny Rilianto merekomendasikan para pasien stroke untuk memakan kacang-kacangan karena mengandung antioksidan yang tinggi. Menurut dia, kacang-kacangan dianjurkan karena memiliki kadar antioksidan yang tinggi.

"Bagus untuk pencegahan stroke pada kemudian hari," katanya dalam gelar wicara tentang stroke yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Baca Juga

Benny menyebut, kadar antioksidan yang tinggi bagus dikonsumsi untuk menghambat peradangan yang diakibatkan oleh penyakit stroke. Selain kacang-kacangan, dia juga merekomendasikan buah-buahan serta sayur-mayur berwarna merah atau ungu seperti apel, anggur, kol ungu, dan bayam ungu, untuk dikonsumsi.

Meski demikian ia mengimbau masyarakat untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi jenis buah-buahan tertentu seperti pisang, terlebih pada penderita diabetes, agar kadar gula darah tidak meningkat. "Sehingga tidak semuanya dihindari, tapi juga tidak semuanya dikonsumsi," ujar Beny.