Sabtu 27 Apr 2024 17:28 WIB

Resep Simpel Antistres Wartawan Senior Ini Layak Anda Coba

Nurjoni mencoba selalu berpikiran terbuka dan menikmati hidup.

Red: Israr Itah
Nurjoni, wartawan senior Investortrust dalam kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (26/4/2024).
Foto: Israr Itah/Republika
Nurjoni, wartawan senior Investortrust dalam kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (26/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, Stres, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dapat diartikan sebagai keadaan kekhawatiran atau ketegangan mental yang disebabkan oleh situasi sulit. Tuntutan ekonomi, perkembangan teknologi, ketidakpastian masa depan, dan banyak hal lain membuat orang mudah terkena stres. 

Stres bisa dialami siapa saja dari berbagai level usia. Indonesia National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS), survei kesehatan mental nasional pertama yang mengukur angka kejadian gangguan mental pada remaja 10 – 17 tahun di Indonesia, menunjukkan hal tersebut. Satu dari tiga remaja Indonesia memiliki masalah kesehatan mental, sementara satu dari dua puluh remaja Indonesia memiliki gangguan mental dalam 12 bulan terakhir, seperti dikutip dari laman resmi Universitas Gadjah Mada.

Baca Juga

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari stres. Ada sederet tip berseliweran di dunia maya dari berbagai sumber atau ahli kesehatan terpercaya. Salah satunya tip sederhana menghindari stres yang dijalankan oleh Nurjoni, wartawan senior Ibu Kota.

"Enjoy aja. Berpikir positif, jangan ada beban," kata Nurjoni yang sekarang berusia 59 tahun dalam perbincangan dengan Republika di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (26/4/2024).