Sabtu 27 Apr 2024 18:24 WIB

Dewan Pers Gelar UKW di Jakarta dengan Peserta Terbanyak

Sebanyak 162 peserta mengikuti UKW di Hotel Sultan, Jakarta selama tiga hari.

Red: Israr Itah
Suasana Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Dewan Pers di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (27/4/2024) sore. Foto: Israr/Republika
Foto: Israr/Republika
Suasana Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Dewan Pers di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (27/4/2024) sore. Foto: Israr/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pers menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) 2024 di Ibu Kota. Untuk Provinsi DKI Jakarta, Dewan Pers bekerja sama dengan Dinas Kominfo DKI dalam menggelar kegiatan yang berlangsung pada 25-27 April 2024 di Hotel Sultan, Jakarta.

Dewan Pers menunjuk Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Pewarta Foto Indonesia (PFI), Kompas, ANTV, MNC, dan Lembaga Pers Dr.Soetomo (LPDS) sebagai penguji. Sebanyak 162 peserta mengikuti kegiatan UKW, terdiri dari 12 peserta di PFI, 54 peserta di Kompas, 30 peserta di ANTV, 42 peserta di MNC, dan 24 peserta di LPDS.

"Ini merupakan UKW dengan peserta jumlah terbanyak," kata Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu saat membuka hari pertama UKW pada Jumat (27/4/2024) di Hotel Sultan Jakarta.

Materi uji merujuk pada modul UKW sesuai jenis media/platform. Materi UKW mengacu pada 11 kompetensi kunci. 

Salah satu peserta UKW Fergie Nadira mengatakan, pelaksanaan UKW selama tiga hari, diawali dengan pelatihan jurnalistik pada hari pertama, berjalan dengan baik. Menurut Fergie, para penguji menyampaikan materi bermanfaat baginya.

"Mudah-mudahan kita semua lulus ya," kata Fergie yang mengikuti UKW jenjang Muda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement