Sabtu 27 Apr 2024 23:07 WIB

Imbang Vs Burnley, MU Hampir Dipastikan tak Lolos Liga Champions

MU kini bergantung nasib kepada tim lain.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manchester United Vs Burnley, Sabtu (27/4/2024).
Foto: AP Photo/Rui Vieira
Manchester United Vs Burnley, Sabtu (27/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United gagal mengamankan poin penuh saat menjamu Burnley pada lanjutan Liga Primer Inggris di Old Trafford, Sabtu (27/4/2024) malam WIB. Manchester United sempat unggul melalui gol Antony (menit ke-79), namun penalti Zaki Amdouni (87') menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Atas hasil ini, MU yang cuma menyiskan empat laga musim 2023/2024 hampir pasti tak lolos ke Liga Champions musim depan. Itu karena, perolehan maksimal poin MU musim ini adalah 66, dengan kondisi saat ini cuma punya 54 angka. 

Baca Juga

Di posisi keempat ada Aston Villa yang saat ini punya 66 poin dengan sisa empat laga. MU punya tabungan selisih satu gol sedangkan Villa 21. Untuk memantapkan langkah aman dari kejaran MU, Villa cukup meraih hasil imbang melawan Chelsea pada Ahad (28/4/2024) pukul 02.00 WIB. 

Burnley memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Kurang dari satu menit, Fofana menerobos ke dalam kotak dan menguji Onana dengan tembakan rendah. Namun percobaan pertamanya itu masih mengarah tepat ke kiper Manchester United, yang langsung menghentikannya.

Kapten Man United Bruno Fernandes memberikan umpan matang kepada Garnacho di tiang jauh yang langsung menyambutnya dengan tembakan ke gawang, namun itu masij melebar dari sasaran.

Peluang lain bagi Manchester United di menit ke-10. Pertahanan yang lemah dari Burnley memungkinkan Garnacho memberikan umpan balik kepada Eriksen di tepi kotak penalti, namun tendangan rendah Eriksen masih melebar tipis dari tiang kanan.

Sepuluh menit berselang percobaan Bruno Fernandes sukses menggetarkan tiang gawang dengan tendangan keras dari sudut sempit di sebelah kiri. Itu berawal dari Eriksen dan Hojlund yang bekerja sama sebelum memberikan bola ke kapten United, yang hampir membuka skor.

Onana melakukan penyelamatan penting untuk Manchester United di menit ke-35. Setelah tendangan bebas berhasil dihalau sebagian, Cullen mengembalikan bola ke dalam kotak, dan Foster mengarahkan sundulan ke sudut jauh. Namun, Onana bereaksi untuk mengaisnya dengan kelincahan yang luar biasa.

Tiga menit berselang, penyelamat lain dilakukan Onana. Itu berawal saat Berge memberikan umpan indah kepada Foster untuk mengambil langkahnya di luar kotak penalti, namun bola tersebut berhasil digagalkan oleh kiper United yang bergerak maju saat ia mencoba menemukan sudut kanan bawah.

Di babak kedua, MU langsung menekan. Garnacho dengan mudah mengalahkan Assignon di sisi kiri dan kemudian memberikan umpan rendah ke Antony, yang tembakannya dapat ditahan oleh Muric. Kemudian, kiper Burnley berlari keluar untuk mempersempit sudut dan menggagalkan upaya pemain Brasil itu lagi.

Peluang lain dimiliki Garnacho yang menusuk menuju area penalti dan melancarkan tembakan dengan kaki kanannya. Namun, usahanya masih melengkung dan melebar tipis.

Di menit ke-69, pemain pengganti Amad memberikan umpan rendah di tepi kotak penalti, Garnacho melepaskan tembakan kuat. Namun, tendangannya mengarah tepat ke arah Muric, dan kiper Burnley kembali melakukan penyelamatan penting.

Tuan rumah akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-79. Antony memanfaatkan ruang untuk menerobos ke tengah. Pemain Brasil ini kemudian menembakkan bola melewati Muric dan masuk ke sudut kanan bawah. Skor 1-0 untuk keunggulan Manchester United. 

Namun keunggulan Setan Merah tak bertahan lama. Burnley mendapat hadiah penalti di menit ke-86 setelah tayangan VAR menunjukkan pelanggaran Onana. Zaki Amdouni yang mengeksekusi tendangan dari titik putih dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Skor kembali imbang 1-1.

 

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement