Rabu 01 May 2024 05:37 WIB

Semifinal Liga Champions, Real Madrid Tahan Imbang Bayern Munchen di Allianz Arena

Real Madrid unggul, tertinggal, kemudian menyamakan skor menjadi 2-2.

Red: Israr Itah
Penyerang Real Madrid Vinicius Junior merayakan golnya ke gawang Bayern Munchen di Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
Penyerang Real Madrid Vinicius Junior merayakan golnya ke gawang Bayern Munchen di Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Real Madrid menahan Bayern Munchen 2-2 pada leg pertama semifinal Liga Champions di Allianz Arena, Munchen, Rabu (1/5/2024) dini hari WIB.

Pada pertandingan ini, Madrid mampu unggul terlebih dahulu melalui Vinicius Junior, tapi Bayern Muenchen dapat berbalik unggul lewat Leroy Sane serta Harry Kane, demikian catatan UEFA. 

Baca Juga

Meskipun begitu, Real Madrid menolak untuk menyerah dan berhasil menyamakan kedudukan melalui eksekusi tendangan penalti Vinicius.

Selanjutnya, kedua tim akan kembali bertemu pada leg kedua babak semifinal Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (9/4/2024) pukul 02.00 WIB.​​​​

Secara statistik, Munchen lebih unggul dibanding Madrid dengan mencatatkan 54 persen penguasaan bola dan melepaskan 14 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran.

Bayern mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan menciptakan peluang lewat tendangan Leroy Sane yang masih dapat diamankan kiper Madrid Andriy Lunin.

Selanjutnya, giliran Harry Kane yang menciptakan peluang melalui tendangannya, akan tetapi bola kembali dapat diselamatkan oleh Lunin.

Bayern terus menggempur lini pertahanan Madrid, tapi penampilan ciamik dari Lunin membuat gawang Los Blancos masih aman dari kebobolan.

Sempat digempur, Madrid mampu berbalik memberikan ancaman dan mencuri keunggulan terlebih dahulu melalui gol yang dicetak oleh Vinicius Junior memanfaatkan umpan terobosan Toni Kroos sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit ke-24.

Bayern berusaha untuk menyamakan kedudukan, salah satunya lewat tendangan bebas Kane yang masih menyamping dari gawang Madrid. Skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Bayern langsung tancap gas dan mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-53 lewat gol Leroy Sane yang memanfaatkan umpan Konrad Laimer sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Skuad asuhan Thomas Tuchel memiliki peluang emas untuk berbalik unggul setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti karena Jamal Musiala dilanggar oleh Lucas Vazquez di kotak terlarang.

Kane yang maju sebagai algojo berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Tendangannya tak dapat ditebak oleh Lunin sehingga skor berubah menjadi 2-1 pada menit ke-57.

Sukses berbalik unggul, Bayern semakin bersemangat untuk memperlebar keunggulan. Namun, beberapa upaya yang mereka lakukan belum membuahkan hasil. 

Di sisi lain, Madrid berusaha untuk mencari gol penyeimbang, salah satunya lewat tendangan Vinicius Junior. Namun, upaya pemain asal Brasil tersebut masih dapat dihalau kiper Bayern Manuel Neuer.

Los Blancos memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti karena Rodrygo dilanggar Kim Min-jae di kotak terlarang.

Vinicius Junior yang maju sebagai eksekutor mampu melakukan tugasnya dengan baik setelah mengecoh Neuer sehingga skor kembali sama kuat 2-2 pada menit ke-83. Skor yang bertahan sampai laga usai meskipun Bayern berupaya keras mencari gol kemenangan.

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement