Kamis 02 May 2024 09:38 WIB

Presiden Jokowi Kulineran di Mie Gacoan, Siapa Pemilik Gerai Makanan Viral Ini?

Jokowi makan di Mie Gacoan Mataram.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Joko Widodo saat menyempatkan diri santap malam di Warung Mie Gacoan di sela kunjungan kerja di Kota Mataram, NTB, Selasa (30/4/2024) malam WIB.
Foto: Setpres
Presiden Joko Widodo saat menyempatkan diri santap malam di Warung Mie Gacoan di sela kunjungan kerja di Kota Mataram, NTB, Selasa (30/4/2024) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya masyarakat awam yang penasaran menjajal Mie Gacoan. Ternyata, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang kerap disapa Jokowi itu, juga penasaran mencoba bersantap di gerai viral tersebut. Momen itu dibagikan Presiden Jokowi di media sosialnya.

"Saya sekarang ini di Mataram, NTB, dan ingin mencoba Mie Gacoan," kata Jokowi dalam unggahan videonya pada Rabu (1/5/2024).

Baca Juga

Berbagai keseruan saat bersantap juga terdokumentasikan dalam video, termasuk saat Jokowi kepedasan. Jenama kuliner Mie Gacoan merupakan salah satu gerai yang saat ini cukup hit di berbagai wilayah di Indonesia.

Dengan harga terjangkau, variasi menu beragam, serta rasa makanan yang cocok dengan lidah warga lokal, Mie Gacoan laris di berbagai daerah. Dikutip dari situs resminya, disebutkan bahwa Mie Gacoan adalah sebuah merek dagang di bawah naungan perusahaan PT Pesta Pora Abadi.

Jaringan restoran tersebut berdiri sejak awal 2016. Kini, Mie Gacoan sudah memiliki puluhan gerai di Jawa, Sumatra, Bali, dan wilayah lainnya.

Semula, gerai Mie Gacoan buka di Kota Malang, Jawa Timur, lalu berekspansi ke kota-kota lain. PT Pesta Pora Abadi dikomandoi oleh sosok pengusaha Anton Kurniawan.

Nama "Mie Gacoan" diambil dari kata "gaco" yang dalam bahasa Jawa berarti jagoan atau andalan. Mengeklaim sebagai restoran yang menyajikan "mie pedas nomor satu di Indonesia", tentunya yang jadi andalan di Mie Gacoan adalah deretan menu mi pedas. Nama-namanya cukup unik, seperti mie gacoan, mie suit, dan mie hompimpa. Level pedasnya bisa disesuaikan.

Selain itu, gerai Mie Gacoan juga menyajikan menu dimsum, serta side dish seperti udang keju, udang rambutan, siomay ayam, dan lainnya. Deretan minuman juga punya nama unik dengan nuansa permainan tradisional, seperti es teklek, es gobak sodor, serta es petak umpet.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement