Kamis 02 May 2024 09:49 WIB

Dibuang Penggemar, Album 17 Is Right Here Seventeen Teronggok di Jalanan Jepang

Seventeen meluncurkan album 17 Is Right Here pada 29 April 2024.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Grup K-pop Seventeen merilis album baru 17 Is Right Here pada 29 April 2024. Penggemar di Jepang banyak yang melakukan bulk buying.
Foto:

Fenomena ini membuat Carat dan penggemar K-pop secara umum mengkritik praktik bulk buying. Mereka menilai industri musik K-Pop perlu membuat aturan baru dan membatasi jumlah album yang bisa dibeli oleh satu orang.

"Banyak sekali sampah yang terkumpul karena (penggemar) termakan oleh taktik komersial. Ini akan memengaruhi generasi di masa depan," ujar seorang warganet, seperti dilansir Koreaboo pada Kamis (2/5/2024).

Warganet lain menilai penggemar K-Pop perlu berhenti membanggakan angka penjualan album bila pada akhirnya album-album tersebut berakhir di tempat sampah. Mereka juga berharap praktik bulk buying ini bisa dihentikan agar kerja keras para idol dalam membuat album tidak disia-siakan begitu saja.

"Mereka perlu membatasi jumlah album yang bisa dibeli oleh satu orang. Para penjual ini harus berhenti membeli dalam jumlah besar. Dan sudah saatnya (agensi) menjual photo card, bukan album utuh," timpal warganet lain.