Jumat 03 May 2024 17:01 WIB

Kuartal I 2024, Pertamina Geothermal Catat Laba Bersih 47,49 Juta Dolar AS

Pendapatan Pertamina Geotherma pada kuartal pertama ini sebesar 103,32 juta dolar AS.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
PT Pertamina Geothermal Energy Tbk mencatatkan laba bersih sebesar 47,49 juta dolar AS, (ilustrasi)
Foto: Dok Pertamina Geothermal Energy
PT Pertamina Geothermal Energy Tbk mencatatkan laba bersih sebesar 47,49 juta dolar AS, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina Geothermal Energy Tbk mencatatkan laba bersih sebesar 47,49 juta dolar AS pada kuartal pertama tahun ini. Capaian ini didukung oleh pendapatan perseroan pada kuartal pertama ini sebesar 103,32 juta dolar AS.

Direktur Utama PGEO Julfi Hadi mengatakan, kinerja kuartal I 2024 menegaskan komitmen PGEO sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia yang beroperasi secara efisien. “Kami terus berupaya mengoptimalkan sumber daya di wilayah kerja kami sembari secara konsisten terus berperan aktif dalam pengembangan potensi panas bumi yang merupakan kontribusi penting dalam transisi energi nasional menuju energi bersih,” kata Julfi Hadi dalam keterangan resmi, Jumat (3/5/2024).

Baca Juga

Ia menjelaskan, kenaikan profitabilitas ini didorong oleh peningkatan pendapatan total, penurunan biaya operasional, pendapatan bunga, dan keuntungan dari perubahan nilai tukar valuta asing. Lebih rinci, pertumbuhan pendapatan didorong oleh meningkatnya realisasi pendapatan operasi akibat eskalasi harga uap dan harga listrik, serta adanya optimalisasi pembangkitan (load factor) pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP).

Secara umum, kinerja PGEO terutama laba bersih, pendapatan, dan produksi listrik melampaui target yang dipatok dalam RKAP. Laba bersih triwulan pertama PGE lebih tinggi 67,6 persen dari target RKAP yaitu sebesar 28,34 juta dolar AS year to date sampai Maret 2024. Pendapatan PEGO lebih tinggi 3,64 persen dari target RKAP, seiring produksi uap dan listrik yang mencapai 1,208,436 MWh atau 4,84 persen di atas target untuk kuartal pertama 2024.

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement