Jumat 03 May 2024 18:38 WIB

Keluhan Warga Viral di X, Dishub DKI Jakarta akan Tertibkan Juru Parkir Liar di Minimarket

Kepala Dishub DKI Jakarta mengatakan, parkir di halaman minimarket seharusnya gratis.

Rep: Bayu Adji P / Red: Andri Saubani
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo.
Foto: Dok Satgas Covid-19
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta menyoroti masih banyaknya petugas parkir liar yang ada di halaman minimarket. Padahal, parkir di halaman minimarket seharusnya tak berbayar atau gratis.

Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, parkir di halaman minimarket seharusnya gratis. Pengelola minimarket disebut tidak boleh memungut biaya parkir kepada konsumennya.

Baca Juga

"Memang ada oknum-oknum yang mncoba memanfaatkan. Karena memang free, mereka mencoba mengatur dan tentu di dalamnya ada seolah menjadi kewajiban si pengemudi untuk membayar. Seharusnya kan tidak," kata Syafrin, Jumat (3/5/2024).

Ia menegaskan, area parkir itu seharusnya merupakan bagian dari fasilitas yang disediakan oleh pengelola minimarket. Fasilitas itu dinilai harus disediakan secara gratis kepada konsumen. 

Untuk menangani masih adanya parkir liar di halaman minimarket, Syafrin mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan terkait dengan kelengkapan fasilitas pendukung parkir di lokasi tersebut. Dishub juga disebut siap memberikan dukungan untuk sosialisasi kepada pengelola minimarket agar tidak membiarkan oknum memanfaatkan lahan mereka untuk parkir liar.

"Jadi artinya petugas parkir di luar tidak ada kerja sama dengan pemilik minimarket," kata Syafrin. 

Dishub juga akan berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk melakukan penertiban. Apalagi ketika ada oknum yang meminta uang parkir kepada konsumen dengan cara paksa.

"Karena di sana gratis, harusnya suka rela kalau memang itu ada diberikan, kalau tidak kan tidak harus. Tetapi mereka kan prinsipnya free di dalam aturannya," kata dia.

Sebelumnya, viral di media sosial X terkait keluhan masyarakat dengan adanya juru parkir liar di minimarket. "Jukir liar di minimarket memang membuat tidak nyaman pengunjung, karena sebenernya parkir di tempat tersebut gratis," tulis akun @hanssolo, dikutip Jumat.

"Kondisi itu terjadi karena pemerintah setempat tidak tegas menegakkan aturan dan tidak mampu memberi lapangan pekerjaan yang layak untuk angkatan kerja yang ada," kata akun tersebut.

 

photo
Cara cek NIK untuk Warga Jakarta Secara Mandiri - (Infografis Republika)

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.

(QS. Al-Ma'idah ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement