Senin 06 May 2024 12:47 WIB

Durasi Ideal Cuci Muka Menurut Dokter, tak Cukup 15 Detik

Menurut dokter, cuci muka pada pagi hari tidak sepenting cuci muka pada malam hari.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Qommarria Rostanti
Mencuci muka (ilustrasi). Waktu yang ideal untuk mencuci muka adalah enam puluh detik atau satu menit.
Foto: www.freepik.com
Mencuci muka (ilustrasi). Waktu yang ideal untuk mencuci muka adalah enam puluh detik atau satu menit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuci muka merupakan langkah perawatan kulit dasar wajah yang umum dilakukan oleh banyak orang. Namun sayangnya, masih banyak orang yang tanpa sadar melakukan sebuah kesalahan saat mencuci muka. Kesalahan tersebut adalah membilas sabun pencuci muka terlalu cepat.

"Sebagian besar orang hanya mencuci wajah mereka selama 15 detik, dan itu bukanlah waktu yang cukup untuk mengaktivasi bahan-bahan dalam pencuci muka," ujar ahli dermatologi dari Spectrum Skin and Laser, dr Jeremy Brauer, seperti dilansir Huffington Post pada Senin (6/5/2024).

Baca Juga

Menurut dr Brauer dan sejumlah ahli lainnya, waktu yang ideal untuk mencuci muka adalah enam puluh detik atau satu menit. Metode ini juga dikenal sebagai 60-second cleanse.

Untuk melakukan metode ini, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membasahi wajah dan mengaplikasikan sabun pencuci muka secara merata ke seluruh area wajah. Kemudian, pijat lembut area wajah selama satu menit. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih dengan air.