Senin 06 May 2024 16:20 WIB

Disebut Pantas Jadi Menteri, Ketua PAN: Eko Patrio Sudah Senior

Ketua PAN sebut Eko Patrio pantas jadi menteri karena sudah jadi politikus senior.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Anggota Fraksi PAN DPR Eko Patrio. Ketua PAN sebut Eko Patrio pantas jadi menteri karena sudah jadi politikus senior.
Foto: istimewa/doc humas
Anggota Fraksi PAN DPR Eko Patrio. Ketua PAN sebut Eko Patrio pantas jadi menteri karena sudah jadi politikus senior.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay menyebut, Eko Patrio pantas menjadi menteri di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. Hal itu disampaikan untuk menyambut pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang membocorkan bahwa Eko calon menteri.

Saleh awalnya menjelaskan bahwa Prabowo-Gibran kinis sedang menyusun komposisi kabinet. Karena itu, PAN sebenarnya belum mengetahui kursi menteri apa yang akan didapatkan.

Baca Juga

Kendati begitu, PAN sebagai partai pengusung Prabowo-Gibran telah menyiapkan kader-kader terbaik untuk masuk kabinet, salah satunya Eko. Pasalnya, Eko adalah politisi senior yang sukses di parlemen.

"Eko Patrio itu politisi senior. Sudah tiga periode menjabat di DPR. Sekarang terpilih lagi untuk periode keempat. Dari sisi pengalaman, tentu mas Eko pantas dan mumpuni jadi menteri," kata Saleh lewat keterangan tertulisnya, Senin (6/5/2024).

Selain itu, Eko juga bekerja baik selama bertugas sebagai Sekretaris Fraksi PAN di DPR RI. "Banyak tugas di DPR yang sukses dilaksanakan. Ya, pantaslah kalau Ketum Zulhas menyebut namanya sebagai salah seorang calon menteri," kata Ketua Fraksi PAN DPR RI itu.

Dari sisi kepemimpinan, ujar Saleh, Eko juga sangat mumpuni. Sebagai Ketua DPW PAN DKI Jakarta, Eko berhasil membuat PAN mendapatkan 10 kursi DPRD DKI Jakarta dan tiga kursi DPR dalam Pileg 2024.

"Di dunia bisnis, tidak diragukan lagi. Sampai sekarang, bisnisnya di dunia entertaiment berjalan dengan baik. Pergaulannya sangat luas," kata Saleh.

Saleh yakin pasti ada jabatan yang tepat untuk Eko di kabinet Prabowo-Gibran. Menurutnya, ada bidang yang sangat dikuasai Eko yang bisa dimanfaatkan untuk membantu kabinet Prabowo-Gibran. Kini, PAN menanti tawaran posisi dari Prabowo.

Sebelumnya, Zulkifli Hasan atau Zulhas menyebut, kader PAN Eko Patrio merupakan calon menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran. Hal itu ia sampaikan ketika berbicara soal kader PAN yang berpotensi maju di Pilgub DKI Jakarta 2024.

"Untuk Jakarta (calon dari PAN) ada Zita Anjani, Pasha, ada Eko Patrio. Tapi, kan Eko calon menteri ya," kata Zulhas kepada wartawan di Jakarta Ahad (5/5/2024).

Ketika ditanya kementerian apa yang bakal dipimpin Eko, Zulhas enggan membocorkan. Menurutnya, politik penentuan pengisian kursi menteri masih dinamis sehingga belum ada kepastian.

"Nanti lah kita lihat. Politik kan dinamis," kata Menteri Perdagangan di Pemerintahan Jokowi itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement