Senin 06 May 2024 20:33 WIB

Profil Islam di Jerman saat Ini

Sekitar 5,5 juta Muslim tinggal di Jerman.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Seorang pengunjung mengambil foto kaligrafi di dalam Masjid Pusat Cologne saat Hari Masjid Terbuka di Cologne, Jerman, Selasa (3/10/2023).
Foto: EPA-EFE/CHRISTOPHER NEUNDORF
Seorang pengunjung mengambil foto kaligrafi di dalam Masjid Pusat Cologne saat Hari Masjid Terbuka di Cologne, Jerman, Selasa (3/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Sekitar 5,5 juta Muslim tinggal di Jerman. Hampir 3 juta di antaranya adalah warga negara Jerman. Muslim berjumlah sekitar 6,6 persen dari total populasi Jerman.

Muslim merupakan komunitas agama terbesar kedua di Jerman, setelah kelompok anggota gereja-gereja Kristen yang jauh lebih besar yakni sekitar 45 juta, atau lebih dari separuh total populasi Jerman.

Baca Juga

Komunitas Muslim di Jerman memiliki jumlah laki-laki dan perempuan yang hampir sama. Dikutip dari laman Deutsche Islam Konferenz, sebanyak 52 persen, proporsi laki-laki dalam komunitas Muslim sedikit lebih besar dibandingkan perempuan sebanyak 48 persennya.

Usia rata-rata laki-laki dan perempuan Muslim adalah sekitar 32 tahun, yang relatif muda dibandingkan dengan rata-rata usia total penduduk Jerman, yang sedikit di atas 44 tahun. Rata-rata ukuran rumah tangga Muslim di Jerman adalah 3,6 orang, setara dengan pasangan suami istri dengan satu atau dua anak.