Selasa 07 May 2024 08:52 WIB

Akankah Manusia Ada Jika Medan Magnet Bumi tak Runtuh 500 Juta Tahun Lalu Lalu?

Tanpa medan magnet Bumi, radiasi matahari akan mensterilkan planet ini.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Planet bumi (ilustrasi). Medan magnet Bumi sangat penting bagi kehidupan.
Foto: www.freepik.com
Planet bumi (ilustrasi). Medan magnet Bumi sangat penting bagi kehidupan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Medan magnet Bumi sangat penting bagi kehidupan. Tanpa medan magnet Bumi, radiasi matahari akan mensterilkan planet ini.

Namun sebuah studi baru menunjukkan bahwa kita tidak akan berada di sini sama sekali jika medan magnet tersebut belum sepenuhnya runtuh setengah miliar tahun yang lalu. 

Baca Juga

Dilansir New Atlas, Selasa (7/5/2024), banyak faktor yang harus berintegrasi agar Bumi dapat dihuni. Planet tidak hanya harus berada pada jarak yang tepat dari Matahari, namun juga harus berbatu, berair, mengandung bahan-bahan yang tepat untuk kehidupan, dan tentu saja, memiliki medan magnet yang kuat yang mencegah radiasi berbahaya dari Matahari dan ruang antarbintang mencapai permukaan. 

Meskipun sebagian besar stabil, medan magnet tersebut berfluktuasi seiring waktu. Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan dari Universitas Rochester, New York, Amerika Serikat (AS) mengidentifikasi titik terlemahnya dalam sejarah bumi. Tetapi yang mengejutkan, hal ini tampaknya terjadi tepat sebelum kehidupan kompleks meledak, dan bukan bertepatan dengan kepunahan massal seperti yang Anda duga.