Selasa 07 May 2024 14:58 WIB

Mentan Optimistis Pompanisasi Bisa Hasilkan Rp 150 Triliun Bagi Jabar

Amran mengaku optimistis dengan adanya program pompanisasi.

Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri Pertanian Amran Sulaiman.
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman optimistis program pompanisasi yang saat ini digulirkan bisa memperkuat perekonomian Provinsi Jawa Barat (Jabar) hingga menghasilkan pendapatan Rp 150 triliun dalam kurun 10 tahun lewat pertanian padi.

“Pompanisasi yang saat ini digulirkan bisa memperkuat perekonomian desa menjadi lebih kuat dan produktif. Berdasarkan hitung-hitungan kami, petani bahkan bisa memperoleh keuntungan Rp 15 triliun dalam satu tahun atau Rp 150 triliun dalam 10 tahun,” kata Mentan Amran dalam Apel Pompanisasi di Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/5/2024).

Baca Juga

Amran menjelaskan berdasarkan kalkulasi perhitungan yang dilakukan pihaknya, petani yang ada di daerah Jawa Barat bisa memperoleh keuntungan Rp 15 triliun dalam satu tahun atau Rp 150 triliun dalam 10 tahun.

Dia menuturkan potensi tersebut berdasarkan perhitungan dari satu pompa yang bisa melayani 50 sampai 100 hektare lahan sawah. Maka jika 10 ribu pompa yang digunakan maka bisa mengairi lahan persawahan hingga seluas 500 ribu hektare.