Rabu 08 May 2024 04:09 WIB

Jadi Sebetulnya Musik Halal atau Haram?

Perdebatan halal-haram soal musik viral di media sosial.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Reiny Dwinanda
Mendengarkan musik (ilustrasi). Perdebatan mengenai halal-haram musik dalam pandangan Islam dinilai  tidak produktif dan tidak memberikan solusi apapun.
Foto: www.freepik.com
Mendengarkan musik (ilustrasi). Perdebatan mengenai halal-haram musik dalam pandangan Islam dinilai tidak produktif dan tidak memberikan solusi apapun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak akhir April 2024, warganet di media sosial X (dulu bernama Twitter) ramai berdebat mengenai halal atau haramnya musik dalam perspektif Islam. Perdebatan itu muncul menyusul unggahan cuplikan ceramah ustadz Adi Hidayat tentang musik yang dinilai sebagian orang menghalalkan musik.

Sebetulnya, musik halal atau haram menurut Islam? Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Seni, Budaya, dan Peradaban Islam, KH Dr Jeje Zaenudin menyebutkan debat soal halal dan haramnya musik merupakan debat yang tidak produktif dan tidak memberikan solusi apapun.

Baca Juga

"Meskipun ada manfaatnya, tetapi itu perdebatan yang tidak produktif dan tidak memberi solusi, malah berdampak pro-kontra di kalangan masyarakat awam yang diikuti dengan saling mecela dan menghakimi antara yang pro dan kontra," katanya dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Ketua Umum PP Persis itu menilai polemik masalah hukum musik dan lagu hanyalah mendaur ulang perdebatan masalah fikih klasik. Perdebatan ini sudah ada sejak berabad-abad lalu.