Kamis 09 May 2024 21:01 WIB

Kapolres Indramayu Cek Kesiapan Akhir Asrama Haji dan Jalur Kedatangan Calhaj

Dalam proses kedatangan Calhaj ada hal yang berbeda pada tahun ini.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar memimpin langsung pengecekan kesiapan akhir Asrama Haji Indramayu. Termasuk mengecek jalur kedatangan serta kepulangan jamaah haji tahun 2024, di Asrama Haji Indramayu, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Kamis (9/5/2024).
Foto: Dok Humas Polres Indramayu
Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar memimpin langsung pengecekan kesiapan akhir Asrama Haji Indramayu. Termasuk mengecek jalur kedatangan serta kepulangan jamaah haji tahun 2024, di Asrama Haji Indramayu, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Kamis (9/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU----Proses keberangkatan calon jamaah haji untuk musim haji 2024 tinggal menghitung hari. Para calon jamaah haji dari sebagian kabupaten/kota di Jabar akan berangkat melalui Asrama Haji Indramayu dan terbang melalui Bandara Kertajati Majalengka.

Untuk memastikan proses pemberangkatan Calhaj agar berjalan lancar, Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar memimpin langsung pengecekan kesiapan akhir Asrama Haji Indramayu. Termasuk mengecek jalur kedatangan serta kepulangan jamaah haji tahun 2024, di Asrama Haji Indramayu, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Kamis (9/5/2024).

Baca Juga

Dalam kegiatan itu, Kapolres didampingi oleh Wakapolres Indramayu, Kompol Ryan Faisal, sejumlah pejabat jajaran utama (PJU) Polres Indramayu dan Kapolsek Lohbener, Kompol Nurani. ‘’Hari ini kami melaksanakan pengecekan akhir kesiapan dari Asrama Haji dan jalur yang akan dilintasi para jamaah haji yang akan menuju ke Asrama Haji maupun jalur keberangkatan dari Asrama Haji menuju ke Bandara Kertajati,’’ ujar Fahri, Kamis (9/5/2024).

Dalam kesempatan itu, jajaran Polres Indramayu juga sudah melakukan persiapan rencana pengamanan yang terintegrasi dan terpadu antara Polri, TNI, Pemerintah Kabupaten Indramayu, serta Kementerian Agama.

Fahri mengatakan, dalam proses kedatangan Calhaj ada hal yang berbeda pada tahun ini. Yakni, bus yang membawa Calhaj dari arah Cirebon akan langsung masuk ke pintu Asrama Haji, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang melakukan manuver melalui Lingkar Lohbener sebelum masuk ke pintu Asrama Haji.

‘’Pada tahun ini perbedaannya adalah karena median tengahnya kita sudah buka, maka nanti bisa masuk ke lokasi Asrama Haji dari arah Cirebon,’’ kata Fahri.

Selain itu, kata Fahri, telah disiapkan pula pos pantau terpadu dan posko terpadu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. ‘’Jumlah personil Polri yang akan diturunkan sebanyak 93 personil, TNI sebanyak 11 personil, dan adapula personil dari Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Indramayu,’’ kata Fahri.

Fahri menambahkan, pemberangkatan para Calhaj asal Kabupaten Indramayu juga akan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Indramayu. Untuk itu, pengamanan di sekitar pendopo juga sudah disiapkan. ‘’Ada beberapa kloter dari calon jamaah haji di Kabupaten Indramayu, maka kita sudah siapkan pemberangkatan dengan menyiapkan pengamanan di sekitar lokasi Pendopo Indramayu dan jalur yang akan dilewati,’’ kata Fahri.

Fahri pun memastikan, pihaknya bekerja sama dengan stakeholder terkait telah siap memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu Allah. ‘’Dengan persiapan yang matang dan kerja sama yang baik antarlembaga terkait, diharapkan pelaksanaan pemberangkatan dan kepulangan jamaah haji dapat berjalan dengan lancar dan aman,’’ kata Fahri. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement