REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai anak Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), PT HK Realtindo (HKR), mengumumkan ekspansi bisnis terbarunya dalam bidang pengelolaan jasa layanan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area.
"Selama belasan tahun berkiprah di bidang pelayanan, ekspansi bisnis ini merupakan langkah strategis untuk memperluas jaringan bisnis perusahaan. Ditambah, karakteristik model business-to-customer merupakan spesialisasi HKR dengan portofolio pengelolaan sejumlah properti seperti hotel, gedung perkantoran dan apartemen," ujar Plt. Direktur Utama HKR Juni Iranto di Jakarta, Jumat (10/5/2024).
Juni mengatakan, sebagai bentuk upaya peningkatan kapabilitas bisnis perusahaan untuk menambah portofolio pendapatan perusahaan, HKR melihat adanya peluang meningkatkan pelayanan bagi pengguna jalan tol melalui pengelolaan tujuh rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Tol Terpeka) yakni di KM 163 A, KM 172 B, KM 208 A, KM 277 A, KM 269 B, KM 311 A dan 306 B.
Tak hanya itu, pada pertengahan tahun ini akan ada penambahan 2 (dua) rest area yaitu di KM 234 A dan KM 215 B sehingga total 9 (sembilan) rest area yang akan dikelola oleh HKR. Hal tersebut sejalan dengan tagline HUT HKR tahun ini yaitu "Growth" yakni tumbuh ke arah tujuan yang lebih tinggi.
Juni menjelaskan, ekspansi ini diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja perusahaan, dengan menambah portofolio bisnis HKR sebagai pengelola kawasan. HKR siap menghadirkan standar baru dalam pengelolaan rest area untuk menunjang peningkatan pengunjung rest area dengan memberikan fasilitas yang bersih, nyaman, dan aman.
"Inovasi di rest area juga menjadi fokus utama, salah satunya akan menghadirkan tenan yang besar agar meraup banyak kehadiran pengunjung sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan melakukan rebranding pada salah satu rest area yang memiliki pengunjung paling banyak, dan menjadikannya rest area yang ikonik di Ruas Terpeka," kata Juni.
Ekspansi kedepannya, HKR juga akan menambah pengelolaan dua titik rest area di ruas Pekanbaru-Dumai KM 45 A dan KM 65 B. Dengan adanya ekspansi bisnis jasa pengelolaan pada sembilan titik rest area saat ini dan adanya penambahan dua titik rest area ke depannya, sehingga total menjadi 11 titik rest area yang dikelola, memberikan kontribusi
terhadap pendapatan perusahaan sekitar Rp 17 miliar per tahun yang akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah titik yang akan dikelola ke depannya.
Memasuki usia ke-14 ini, Juni menyampaikan harapannya untuk masa depan perusahaan yang lebih baik. HKR berkomitmen untuk terus berinovasi dan memperluas bisnis, sambil tetap mempertahankan keberlanjutan bisnis lainnya di bidang properti dan hospitality.
"Dengan semangat dan dukungan dari semua pihak terkait, kami yakin bahwa HKR akan terus bertumbuh dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemangku kepentingan serta bersaing di industri properti dan hospitality," kata Juni Iranto.