Jumat 10 May 2024 22:53 WIB

Kualifikasi ACC Musim 2024/2025 Bergulir Juli, 14 Klub Asia Tenggara Siap Bertarung

Indonesia diwakili PSM Makassar dan Borneo FC di ACC 2024/2025.

Red: Israr Itah
Official drawing ASEAN Club Championship Shopee Cup musim 2024/2025.
Foto: dok AFF
Official drawing ASEAN Club Championship Shopee Cup musim 2024/2025.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 14 klub terbaik di Asia Tenggara bersiap untuk bertarung dalam Kualifikasi ASEAN Club Championship Shopee Cup musim 2024/2025 pada Juli nanti. Klub-klub sepak bola papan atas di Asia Tenggara akan memulai perjalanan untuk meraih hadiah dengan total 3 juta Dolar AS dalam kompetisi itu.

Presiden Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) Khiev Sameth mengatakan, kompetisi klub antarnegara di kawasan Asia Tenggara itu akan menjanjikan pertandingan yang menarik, sehingga menjadi tontonan yang menghibur bagi para pecinta sepak bola.

Baca Juga

"Setelah bertahun-tahun kerja keras dan berkat dedikasi dari semua pihak yang terlibat dalam terciptanya acara ini, kini hal itu menjadi kenyataan. Shopee Cup akan memberikan kesempatan bagi klub-klub terbaik dari seluruh wilayah kami (ASEAN) untuk menguji kemampuan mereka satu sama lain, sambil meningkatkan level permainan," kata Khiev dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat (10/5/2024).

Ia membeberkan, sebanyak 14 klub unggulan dari 10 negara ASEAN akan berpartisipasi dalam kompetisi ini, dengan 12 tim yang akan memastikan posisinya untuk dapat bertanding dalam fase grup.

Lebih lanjut dia membeberkan, Young Elephants FC dari Laos akan menghadapi tim dari Kamboja, Svay Rieng FC, sementara Kasuka FC dari Brunei Darussalam menghadapi tim dari Myanmar, Shan United FC.

Tim-tim tersebut akan bermain pada babak play-off dengan sistem kandang dan tandang, pada 17 dan 24 Juli 2024, guna memperebutkan tempat sebelum fase grup dimulai pada 21 Agustus.

Dua grup, yaitu A dan B yang masing-masing terdiri dari enam tim akan saling berhadapan dalam lima pekan pertandingan tengah pekan dengan hasil yang akan ditentukan menggunakan sistem setengah liga (round-robin) kandang dan tandang. Klub-klub dari asal negara yang sama juga tidak bertemu satu sama lain pada fase awal.

Itu berarti, lanjut Khiev, perwakilan Thai League (Thailand), yakni BG Pathum United FC telah diundi bergabung dalam Grup A untuk berhadapan dengan Terengganu FC (Malaysia), PSM Makassar (Indonesia), dan Ðông Á Thanh Hóa FC (Vietnam).

Klub-klub tersebut, bakal memperebutkan dua posisi teratas untuk lolos ke babak kualifikasi fase gugur selanjutnya.

Untuk Grup B, terdiri dari Buriram United FC (Thailand), Kuala Lumpur City FC (Malaysia), Công An Hà Nôi FC (Vietnam), Borneo FC (Indonesia), serta Kaya FC (Filipina), dan Lion City Sailors (Singapura).

Lebih lanjut Khiev membeberkan, dua pemenang teratas dari setiap grup akan maju ke babak semifinal, yang digelar pada 2 dan 30 April 2025 dengan sistem kandang dan tandang.

Begitu juga dengan babak final yang diselenggarakan pada 14 Mei dan 21 Mei 2025. Sedangkan tempat pertandingan dan jadwal kick off kompetisi akan diumumkan panitia pada waktu yang akan datang.

Selain itu, tambah Khiev, panitia juga telah meluncurkan ASEAN United FC, dengan platform digital resmi aseanutdfc.com dan @aseanutdfc untuk empat kompetisi utama AFF termasuk Shopee Cup, sehingga para penggemar bisa terus menyaksikan pertandingan terkini.

Sementara itu, terpilihnya PSM Makassar untuk mewakili Indonesia dalam ASEAN Club Championship 2024/2025, karena klub itu merupakan juara Liga 1 musim 2022/2023.

Sedangkan Borneo FC menggantikan posisi runner up pada musim yang sama, yaitu Persija Jakarta. Macan Kemayoran sebelumnya telah menyatakan diri untuk tidak ikut berpartisipasi dalam kompetisi internasional itu.

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement