Jumat 10 May 2024 23:36 WIB

FIFA Tetap tak Jadwal Ulang Piala Dunia Antarklub Meski Ada Protes

FIFPRO) dan Asosiasi Liga Dunia (WLA) mengancam akan mengambil tindakan hukum.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
FIFA
Foto: EPA/STEFFEN SCHMIDT
FIFA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- FIFA tidak akan mempertimbangkan untuk menjadwal ulang Piala Dunia Antarklub baru yang diikuti 32 tim, kata badan sepak bola dunia itu pada Jumat (10/5/2024). Pernyataan ini menyusul protes serikat pesepak bola global (FIFPRO) dan Asosiasi Liga Dunia (WLA) yang mengancam akan mengambil tindakan hukum jika FIFA tidak meninjau ulang jadwal Piala Dunia Antarklub. 

FIFPRO dan WLA menyatakan keprihatinan mereka atas perluasan kompetisi pada pekan lalu dalam surat yang ditujukan kepada Presiden FIFA Gianni Infantino dan Sekretaris Jenderal Mattias Grafstrom.

Baca Juga

Surat mereka mengatakan kalender sepak bola global "melampaui kejenuhan" dan liga-liga nasional tidak dapat mengatur kompetisi mereka dengan baik. Sementara para pemain didorong melampaui batas kemampuan mereka, dengan risiko cedera yang signifikan.

Sebagai tanggapan, FIFA menolak klaim mereka bahwa badan sepak bola tersebut membuat keputusan sepihak untuk menguntungkan kompetisinya di kalender internasional.

Dalam surat yang dilihat Reuters, Grafstrom menyatakan bahwa mereka secara rutin terlibat dengan pemangku kepentingan terkait mengenai Kalender Pertandingan Internasional (IMC). Grafstrom mengatakan FIFPRO dan WLA terlibat dalam diskusi mengenai masa depan kalender pada tahun 2021 dan 2022.

“Perlu dicatat bahwa pandangan yang diungkapkan oleh FIFPRO dan WLA selama proses konsultasi mempengaruhi IMC sedemikian rupa sehingga lebih dekat – dan dalam banyak hal secara substansial identik – dengan versi yang sudah ada sebelumnya, dibandingkan dengan versi yang diusulkan pada awal konsultasi,” tulis Grafstrom. 

“Akibatnya, hampir tidak ada demonstrasi yang lebih jelas bahwa tidak hanya konsultasi yang sesungguhnya telah dilakukan namun juga bahwa pandangan Anda sangat diperhitungkan selama konsultasi tersebut.”

Prinsip-prinsip IMC periode 2025-2030 telah disetujui oleh Dewan FIFA pada Desember 2022, sedangkan kalendernya sendiri disetujui oleh Dewan tiga bulan kemudian.

Namun, Grafstrom mengatakan FIFA siap untuk duduk bersama FIFPRO dan WLA untuk membahas masalah ini lebih lanjut pada penutupan musim.

Selain Piala Dunia Antarklub FIFA yang diikuti 32 tim yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat tahun depan mulai 15 Juni hingga 13 Juli, ketiga kompetisi klub Eropa akan diperluas menjadi 36 tim mulai musim depan.

FIFPRO dan WLA bertujuan untuk membahas masalah mereka di hadapan Kongres FIFA pada pertemuan antara 211 anggota asosiasi pada 17 Mei di Bangkok, Thailand. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement