Ahad 12 May 2024 10:39 WIB

Perdana Digelar, 840 Pelari Meriahkan Natuna Geopark Marathon 

Peserta maraton di Natuna datang dari dalam dan luar negeri.

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Indira Rezkisari
Ajang lari Natuna Geopark Marathon perdana digelar di Natuna, Kepulauan Riau, Ahad (12/5/2024).
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Ajang lari Natuna Geopark Marathon perdana digelar di Natuna, Kepulauan Riau, Ahad (12/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, NATUNA -- Sebanyak 840 pelari memeriahkan ajang Natuna Geopark Marathon yang digelar di Pantai Piwang, Natuna, Kepulauan Riau, Ahad (12/5/2024). Natuna Geopark Marathon merupakan acara lari yang perdana digelar di Natuna. 

 

Baca Juga

Ada empat kategori yang dilombakan. Yakni 5K, 10K, half marathon, dan full marathon. 

 

Antusiasme peserta didukung dengan cuaca Natuna yang cukup sejuk 27 derajat Celsius karena mendung. Selain dari masyarakat setempat, peserta lari juga berasal dari perwakilan sejumlah instansi pemerintah, TNI, Polri, warga dari luar daerah, dan luar negeri. 

 

Bupati Natuna Wan Siswandi menilai antusiasme peserta dan warga terhadap acara tersebut luar biasa. Dia mengatakan peserta di antaranya datang dari Papua, Surabaya, Madiun, Jakarta, Inggris, dan Malaysia. Alastair "Iron Man" Macdonald dari The Triathlon Championship menjadi salah satu peserta dari Inggris.

 

"Tujuan Natuna Geopark Marathon memang untuk memperkenalkan geopark Natuna sehingga turis datang ke sini," kata Bupati  saat ditemui Republika.co.id di Pantai Piwang. 

 

Republika turut menjajal rute lari sejauh lima kilometer. Jalan cukup steril bagi pelari. Namun, di beberapa titik ada pengendara yang mengambil jalur lari. 

 

Mungkin karena masyarakat belum terbiasa dengan acara lari. Selain itu, elevasi bervariasi dan nyaman dilalui sekalipun untuk pelari pemula. 

 

"Kegiatan ini menjadi motivasi kami pemerintah daerah. Insya Allah, ajang lari ini jadi agenda tahunan," kata Wan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement