Senin 13 May 2024 06:02 WIB

Tak Keringkan Rambut Basah, Benarkah Bisa Bikin Sakit?

Sebagian orang mungkin membiarkan rambut basah sambil beraktibitas atau pergi.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Qommarria Rostanti
Rambut basah (ilustrasi). Benarkah membiarkan itu bisa membuat masuk angin atau terserang penyakit lainnya?
Foto: ww.freepik.com
Rambut basah (ilustrasi). Benarkah membiarkan itu bisa membuat masuk angin atau terserang penyakit lainnya?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang mungkin pernah mengalami rambut yang tak kunjung kering setelah keramas. Alhasil mereka membiarkan rambut tetap basah atau lembap saat akan berkegiatan atau pergi tidur. Benarkah membiarkan itu bisa membuat masuk angin atau terserang penyakit lainnya?

Spesialis pengobatan keluarga Matthew Goldman menyampaikan ada potensi bahaya dari rambut yang dibiarkan basah. Akan tetapi, anggapan bahwa keluar rumah dengan rambut basah akan membuat seseorang mengidap pneumonia merupakan mitos.

Baca Juga

"Anda tidak bisa sakit hanya karena keluar rumah dengan rambut basah. Rambut basah bukanlah penyebab masuk angin. Mikroorganisme, seperti virus, harus terlibat dalam penyebab flu," ujar Goldman, dikutip dari laman Cleveland Clinic, pada akhir pekan lalu.

Namun, ada keterkaitan antara rambut yang dibiarkan basah dengan kondisi lain, apalagi pada suhu dingin. Goldman menjelaskan, suhu udara yang lebih dingin adalah lingkungan yang lebih baik bagi virus, seperti rhinovirus (penyebab paling umum dari flu), untuk menyebar melalui udara.