Selasa 14 May 2024 14:55 WIB

Pencinta Antariksa Merapat, Lego Bakal Luncurkan Model Penjelajah Bulan Apollo

Lego Technic LRV mereproduksi kereta bulan pada skala 1/8, dijual seharga Rp 3,5 juta

Red: Friska Yolandha
Lego segera merilis model NASA Apollo Lunar Roving Vehicle.
Foto: Space/Lego
Lego segera merilis model NASA Apollo Lunar Roving Vehicle.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lego bersiap untuk menghadirkan model detail dari "rock and rolling ride" yang asli, kereta listrik yang dikemudikan oleh tiga awak Apollo terakhir NASA untuk menjelajahi bulan. Set Lego Technic "NASA Apollo Lunar Roving Vehicle atau LRV" yang baru akan tersedia di toko pada 1 Agustus 2024.

“Mulailah perjalanan ke bulan dengan set model Lego Technic NASA. Set tersebut mencakup versi model modul penjelajah bulan yang dapat ditampilkan yang dibawa oleh Apollo 17, ditambah tiga set peralatan yang dapat dipasang,” demikian bunyi situs web Lego, dilansir Space pada Selasa (14/5/2024).

Sebagai tindak lanjut alami dari roket Saturn V dan modul bulan Apollo 11 yang dirilis Lego sebelumnya, LRV (set no. 42182) mencakup 1.913 buah dan dapat dipesan sekarang dari toko online Lego seharga 219,99 dolar AS atau Rp 3,5 juta.

Setelah berhasil mendaratkan dua awak di bulan pada tahun 1969, NASA mencari cara untuk memperluas jarak yang dapat dilalui para astronot untuk menjelajahi lebih banyak medan di sekitar bulan. 

photo
Apollo Lunar Roving Vehicle, kendaraan yang digunakan astronaut untuk menjelajahi Bulan. - (Space/NASA)
 

Pada awalnya, NASA mencoba menggunakan kendaraan mirip becak atau disebut Modularized Equipment Transporter/MET untuk menambah jumlah peralatan yang dapat diangkut ke lokasi yang lebih jauh. Sayangnya, gerobak yang ditarik dengan tangan terbukti sulit untuk terus bergerak.

Yang benar-benar dibutuhkan para astronot adalah kendaraan bermotor, yang dikirimkan oleh Boeing, bekerja sama dengan General Motors dan Goodyear. LRV pada akhirnya memungkinkan astronot Apollo 17 Gene Cernan dan Harrison Schmitt menjelajah sejauh 7,6 kilometer dari modul bulan mereka.

Selama tiga ekspedisi masing-masing, astronot Apollo 15, Apollo 16, dan Apollo 17 mengendarai penjelajah mereka masing-masing sejauh 27,9 km, 26,7 km dan 35,7 km.

Lego Technic NASA Apollo LRV mereproduksi kereta bulan pada skala 1/8, hingga ke beberapa detail terkecilnya. Bentuknya dibagi menjadi empat komponen utama: sasis roda empat dengan kontrol terintegrasi dan konsol tampilan serta kursi; sasis depan dengan antena gain tinggi dan kamera TV; unit relai komunikasi bulan (LCRU), termasuk antena low-gain dan kamera 16mm; dan rakitan palet belakang dengan koleksi perkakas (termasuk palu batu, peralatan bor, kunci pas pipa, dan sendok yang dapat disesuaikan) serta eksperimen bulan.

Sama seperti penjelajah bulan sebenarnya, yang harus cukup kompak agar bisa masuk ke dalam tahap penurunan modul bulan, masing-masing dari tiga bagian Lego terakhir dapat dilepas sehingga sasis utama dapat dilipat. Saat dalam konfigurasi disimpan, LRV ukuran penuh hanya berukuran setengah dari panjang penuhnya, yakni 3 meter.

Penjelajah Lego dapat....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement